Jenewa (ANTARA) - Satu bulan setelah Argentina menjuarai Piala Dunia Qatar 2022, FIFA mengumumkan data awal dari turnamen tersebut yang menunjukkan bahwa tingkat keterlibatan (engagement) audiens dalam Piala Dunia 2022 mencapai sekitar 5 miliar.

"Di media sosial, menurut Nielsen, terdapat 93,6 juta unggahan di semua platform, dengan jangkauan kumulatif 262 miliar dan keterlibatan audiens 5,95 miliar," demikian diumumkan rilis berita FIFA pada Rabu (18/1).

Piala Dunia Qatar 2022 memecahkan serangkaian rekor Piala Dunia dengan 3,4 juta penonton yang menyaksikan pertandingan di stadion, jumlah terbanyak dalam sejarah, dan 172 gol dicetak selama turnamen tersebut, yang juga menjadi rekor jumlah gol terbanyak.

Pemain Argentina Lionel Messi telah bermain dalam 26 pertandingan Piala Dunia, menyalip rekor jumlah pertandingan terbanyak yang ditorehkan oleh Lothar Matthaus dari Jerman, sementara gol 68 detik dari pemain Kanada Alphonso Davies dalam pertandingan melawan Kroasia menjadi gol tercepat dalam sejarah Piala Dunia.

Di usia yang baru menginjak 18 tahun 110 hari, pemain Spanyol Gavi menjadi pencetak gol termuda di Piala Dunia setelah Pele pada 1958.

Selain rekor-rekor tersebut, Piala Dunia Qatar 2022 juga menandai sejumlah peristiwa bersejarah lainnya, yaitu penyelenggaraan Piala Dunia pertama oleh negara Arab; bertugasnya wasit perempuan pertama di Piala Dunia untuk sepak bola pria; Maroko menjadi tim Afrika pertama yang mencapai babak semifinal; dan lolosnya tiga tim dari Asia ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023