Jakarta (ANTARA) - Casper Ruud menambah panjang daftar petenis unggulan yang tersingkir lebih awal dari Australian Open 2023, setelah petenis Norwegia itu takluk di tangan Jenson Brooksby pada laga putaran kedua dengan skor 3-6, 5-7, 7-6 (7-4), 2-6, Kamis, demikian dikutip dari AFP.

Tidak lama kemudian, unggulan kedelapan Taylor Fritz dan unggulan ke-12 Alexander Zverev juga menyusul untuk angkat kaki lebih cepat dari Australia.

Juara bertahan Rafael Nadal tersingkir pada hari ketiga penyelenggaraan turnamen, setelah diganggu cedera dan kemudian harus takluk dari Mackenzie McDonald.

Brooksby yang melakukan debutnya di Australian Open akan berhadapan dengan Tommy Paul di putaran ketiga. Paul sebelumnya menang pertarungan lima set 2-6, 6-2, 7-6(7-4), 3-6, 4-6 atas Alejandro Davidovich Fokina.

"Pertama-tama dan yang terutama, Casper merupakan seorang pejuang. Saya tahu ini akan menjadi pertarungan luar biasa," kata Brooksby.

"Saya benar-benar bangga dengan masalah mental saya setelah pertarungan di set ketiga tidak memukul saya, dan justru saya mampu membalikkan keadaan," tambahnya.

Ruud yang diganggu masalah cedera otot abdomen, menolak menyalahkan cedera tersebut.

"Saya telah memberikan segalanya, namun khususnya pada set keempat, hal itu tidak cukup," ucap Ruud.

Unggulan kedelapan Fritz juga harus pulang lebih awal setelah takluk 6-7 (4-7), 7-6 (7-2), 6-4, 6-7 (6-8), 6-2 di tangan petenis tuan rumah Alexei Popryn.

"Ini adalah mimpi dan saya sama sekali tidak mau bangun," kata Popryn.

Sedangkan petenis Jerman Zverev takluk dari petenis peringkat 107 dunia Michael Mmoh, dengan skor 7-6 (7-1), 4-6, 3-6, 2-6.

Sebelum tersingkirnya Ruud, Fritz, dan Zverev, Australian Open telah lebih dahulu kehilangan Carlos Alcaraz yang absen karena cedera.

Kekalahan dan absennya para petenis papan atas tersebut, akan memudahkan Novak Djokovic untuk mengejar gelar Australian Open kesepuluhnya. Djokovic akan bermain melawan petenis peringkat 191 dunia Enzo Couacaud di Rod Laver Arena pada sesi malam hari.

Baca juga: Juara bertahan Nadal harus tersingkir dari Australian Open
Baca juga: Djokovic tak kesulitan menangi putaran pertama Australian Open
Baca juga: Murray kalahkan Berrettini dalam lima set di Australian Open

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023