Tokyo (ANTARA) - Sebanyak 19 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Administrasi Yamanashi Gakuin University (YGU) memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada masyarakat Jepang, mulai dari batik hingga kopi Indonesia.

Salah satu mahasiswa Sudo Shinya di Tokyo, Kamis, mengaku senang dapat mengetahui dan mengenalkan produk bumbu-bumbu masakan Indonesia yang kemudian ia olah ke dalam masakan Jepang.

“Saya dan teman-teman di kelompok kami mencoba membuat makanan siap saji khas Jepang seperti nasi goreng ginger rose ebi dan amarayaki, dengan menggunakan bumbu-bumbu dari Indonesia. Dari 20 produk masakan yang kami buat habis terjual,” kata dia.

Sementara itu, Suzuki Hitoha memperkenalkan ragam jenis kopi Indonesia kepada masyarakat Jepang.

“Kopi Indonesia sangat enak. Aroma dan rasa yang berbeda menjadi ciri khas yang sangat disukai orang Jepang. Selain menjual kami juga membuat semacam workshop kopi Indonesia agar orang Jepang semakin mengenal kopi Indonesia,” katanya.

Para peserta mata kuliah “Introduction to Seminar I & II” dengan tema Indonesia itu dan tujuh peserta dari berbagai kampus di Indonesia yang tergabung dalam program pertukaran pelajar mempresentasikan usaha mereka memperkenalkan produk Indonesia kepada masyarakat Jepang mulai dari batik, bumbu masakan instan, nasi goreng, makanan ringan dan kopi.

Mereka menjual produk tersebut kepada masyarakat Jepang dalam satu festival di YGU dan juga di pusat perbelanjaan di luar kampus. Setiap kelompok didampingi oleh para mahasiswa dari Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Yamanashi Gakuin University Higashi Hidetada menjelaskan kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan mahasiswa Indonesia yang mengikuti “YGU Short Program”.

Sementara itu, Wakil Duta Besar John Tjahjanto mengapresiasi upaya YGU dalam mendorong para mahasiswanya untuk belajar tentang Indonesia.

“Apresiasi saya untuk Bapak Higashi Hidetada dan Ibu Saito Masumi yang telah menyelenggarakan mata kuliah dengan tema utama terkait Indonesia. Rekan-rekan mahasiswa YGU ini tengah belajar soal Indonesia, khususnya terkait dengan produk Indonesia di Jepang. Saya kira ini sangat menarik untuk disimak. Selamat kepada para peserta,” ujarnya.

Dia menambahkan 2023 akan menjadi tahun yang penting bagi Indonesia dan Jepang sebab kedua negara akan merayakan 65 tahun hubungan bilateral.

Untuk merayakannya, lanjut dia, KBRI Tokyo juga akan menyelenggarakan "Indonesia –Japan Friendship Day 2023" di sejumlah kota di Jepang.

“Saya kira, acara kita hari ini bisa menjadi salah satu bentuk perayaan kita di ulang tahun hubungan kedua bangsa,” kata dia.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Kagoshima Jepang kunjungi "urban farming" Unsri
Baca juga: Mahasiswa Jepang pelajari budaya Sunda di "Indonesia Day"
Baca juga: Tiga mahasiswa UI lolos seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023