Apa yang kami lihat adalah pasar mengukir titik terendah dalam ketidakpastian sehingga berita tersebut kurang berpengaruh dan apa yang kami lihat hari ini hanyalah kelanjutan dari itu
New York (ANTARA) - Wall Street melemah pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah data menunjukkan pasar tenaga kerja yang ketat memperbaharui kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan melanjutkan jalur kenaikan suku bunga yang agresif yang dapat membawa ekonomi ke dalam resesi.

Indeks Dow Jones Industrial Average tergelincir 252,40 poin atau 0,76 persen, menjadi menetap di 33.044,56 poin. Indeks S&P 500 merosot 30,01 poin atau 0,76 persen, menjadi berakhir di 3.898,85 poin. Indeks Komposit Nasdaq jatuh 104,74 poin atau 0,96 persen menjadi ditutup pada 10.852,27 poin.

Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona merah, dengan sektor industri dan konsumen masing-masing turun 2,08 persen dan 1,69 persen, memimpin kerugian. Sementara itu, sektor energi naik 1,11 persen, merupakan kelompok berkinerja terbaik.

Baik S&P 500 maupun Dow jatuh untuk sesi ketiga berturut-turut, penurunan beruntun terpanjang mereka dalam sebulan.

Sebuah laporan dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim pengangguran mingguan lebih rendah dari yang diharapkan, menunjukkan pasar tenaga kerja tetap solid meskipun Fed berupaya untuk menahan permintaan pekerja.

Ekspektasi bank sentral akan menurunkan ukuran kenaikan suku bunga pada pengumuman kebijakan bulan depan tidak berubah oleh laporan tersebut.

Investor telah mencari tanda-tanda kelemahan di pasar tenaga kerja sebagai bahan utama yang dibutuhkan The Fed untuk mulai memperlambat langkah-langkah pengetatan kebijakannya.

Data lain menunjukkan aktivitas manufaktur di wilayah mid-Atlantic melemah lagi pada Januari, sementara data dari departemen perdagangan mengonfirmasi resesi di pasar perumahan masih berlanjut.

"Apa yang kami lihat adalah pasar mengukir titik terendah dalam ketidakpastian sehingga berita tersebut kurang berpengaruh dan apa yang kami lihat hari ini hanyalah kelanjutan dari itu," kata Brad McMillan, kepala investasi untuk Commonwealth Financial Network, sebuah broker-dealer independen di Waltham, Massachusetts.

"Faktanya kita tidak melihat lebih banyak reaksi mengatakan banyak berita buruk di luar sana."

Komentar terbaru dari pejabat Fed terus menyoroti keterputusan antara pandangan bank sentral tentang suku bunga terminal dan ekspektasi pasar.

Presiden Fed Boston Susan Collins menggemakan komentar dari pembuat kebijakan lain untuk mendukung kasus kenaikan suku bunga di atas 5,0 persen.

Tapi saham bergerak dari posisi terendah setelah wakil ketua Fed Lael Brainard mengatakan Fed masih "menyelidiki" tingkat suku bunga yang akan diperlukan untuk mengendalikan inflasi.

Namun, pasar memperkirakan suku bunga terminal di 4,89 persen pada Juni dan sebagian besar memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis poin dari bank sentral AS pada Februari, dengan penurunan suku bunga di paruh tahun lalu.

Di sisi laporan laba, Procter & Gamble Co turun 2,11 persen setelah memperingatkan bahwa biaya komoditas menekan laba, meskipun perkiraan penjualan setahun penuh meningkat.

Para analis sekarang memperkirakan laba tahun-ke-tahun dari perusahaan-perusahaan S&P 500 turun 2,8 persen untuk kuartal keempat, menurut data Refinitiv, dibandingkan dengan penurunan 1,6 persen di awal tahun.

Baca juga: Wall St jatuh terseret data ekonomi lemah, komentar Fed yang "hawkish"

Baca juga: Wall St beragam, Dow terseret saham Goldman, Nasdaq ditopang Tesla

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023