Pasar tenaga kerja sedikit terlalu panas untuk mundur
Tokyo (ANTARA) - Sebagian besar pasar ekuitas Asia sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Jumat, sementara dolar AS menggantung di dekat level terlemah sejak Mei, dengan investor resah tentang risiko resesi global saat Federal Reserve (Fed) menekan dengan kenaikan suku bunga.

Imbal hasil obligasi Pemerintah AS tetap tinggi di Tokyo setelah memantul dari posisi terendah empat bulan semalam. Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang tetap tertekan, dua hari setelah Bank Sentral Jepang (BoJ) menentang tekanan investor untuk melonggarkan kontrol kurva imbal hasil lebih lanjut.

Indeks Nikkei Jepang bertambah 0,16 persen, sedangkan indeks acuan Australia S&P/ASX 200 dibuka 0,09 persen lebih tinggi, meskipun KOSPI Korea Selatan tergelincir 0,24 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 0,75 persen dan indeks saham unggulan China daratan CSI 300 terangkat 0,32 persen.

Pasar Asia menunjukkan ketahanan meskipun ada aksi jual di Wall Street semalam, dengan S&P 500 kehilangan 0,76 persen. E-Mini berjangka menunjukkan pemantulan kecil pada pembukaan kembali, naik 0,24 persen.

Kekhawatiran tentang lebih banyak pengetatan The Fed diperkuat oleh data ketenagakerjaan AS yang kuat dan retorika hawkish baru dari pejabat bank sentral.

Baca juga: Saham Asia beragam, imbal hasil Jepang dekati batasan kebijakan BoJ

Klaim pengangguran mingguan lebih rendah dari yang diharapkan, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang ketat.

Presiden The Fed Boston Susan Collins mengatakan bank sentral mungkin perlu menaikkan suku bunga menjadi "sedikit di atas 5,0 persen", lalu menahannya di sana, sementara Wakil Ketua The Fed Lael Brainard mengatakan bahwa terlepas dari moderasi inflasi baru-baru ini, inflasi tetap tinggi dan "kebijakan perlu cukup ketat untuk beberapa waktu."

Komentar-komentar oleh Brainard "biasanya Fed dove yang andal" khususnya adalah "yang menambah ketakutan kenaikan suku bunga," kata Analis di IG, Tony Sycamore.

"Agar dia keluar dan mengatakan kita masih membutuhkan suku bunga yang lebih tinggi, itu benar-benar memicu gagasan bahwa Fed benar-benar ingin memberikan kenaikan suku bunga 75 basis poin yang diproyeksikan kembali pada Desember."

"Pasar tenaga kerja sedikit terlalu panas untuk mundur," tambah Sycamore.

Baca juga: Wall St jatuh, data pasar tenaga kerja picu kekhawatiran kebijakan Fed

Pasar bertaruh bahwa suku bunga kebijakan akan berada tepat di bawah 5,0 persen pada Juni, menyiratkan lebih dari 50 basis poin pengetatan tambahan.

Sementara itu indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, termasuk euro dan yen, sedikit berubah di 102,10, bertahan di dekat level terendah 7,5 bulan di 101,51, yang dicapai pada Rabu (18/1/2023).

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun sekitar 3,4 persen setelah memantul dari level terendah sejak pertengahan September di 3,321 persen semalam.

Imbal hasil JGB (obligasi pemerintah Jepang) yang setara datar di 0,405 persen, bertahan di sekitar level tersebut sejak terpukul kembali dari atas plafon kebijakan BoJ 0,5 persen pada Rabu (18/1/2023), ketika bank sentral menahan diri dari perubahan lebih lanjut pada kontrol kurva imbal hasil.

Di tempat lain, harga minyak mentah terus meningkat. Brent berjangka untuk pengiriman Maret naik 48 sen atau 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 86,64 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 54 sen atau 0,7 persen menjadi diperdagangkan di 80,87 dolar AS per barel.

Baca juga: Dolar dibuka melemah di Asia, pasar khawatir ekonomi melambat
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023