Tokyo (ANTARA) - Pasar ekuitas Asia dan minyak mentah naik pada Jumat, di tengah optimisme tentang pembukaan kembali China setelah pencabutan pembatasan COVID yang ketat dan karena pasar bersiap untuk liburan Imlek.

Pada saat yang sama, dolar AS naik tipis dari level terlemahnya sejak Mei dan imbal hasil obligasi pemerintah meningkat karena investor mempertimbangkan prospek pengetatan kebijakan Federal Reserve lebih lanjut dan risiko terkait resesi global.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jepang tetap tertekan dua hari setelah bank sentral Jepang (BoJ) menentang tekanan investor untuk melonggarkan kontrol kurva imbal hasil lebih lanjut.

Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 1,5 persen, dan indeks saham unggulan China daratan CSI 300 terangkat 0,57 persen.

Nikkei Jepang bertambah 0,56 persen, dibantu oleh penurunan yen. KOSPI Korea Selatan naik 0,63 persen, membalikkan kerugian awal, dan indeks acuan Australia S&P/ASX 200 berakhir 0,23 persen lebih tinggi.

Pasar Asia naik meskipun ada aksi jual di Wall Street semalam, dengan S&P 500 kehilangan 0,76 persen. E-Mini berjangka menunjukkan pemantulan kecil pada pembukaan kembali, naik 0,2 persen.

Indeks DAX berjangka Jerman naik 0,47 persen dan FTSE berjangka naik 0,48 persen.

Wakil Perdana Menteri China Sun Chunlan, yang mengawasi tanggapan virus negara itu, mengatakan wabah itu berada pada tingkat "relatif rendah", media pemerintah melaporkan pada Kamis (19/1/2023) malam, menjelang migrasi massal orang untuk liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu.

Sentimen membaik dari sesi Wall Street, ketika kekhawatiran investor tentang lebih banyak pengetatan Fed diperkuat oleh data ketenagakerjaan AS yang kuat dan retorika hawkish baru dari pejabat bank sentral.

Klaim pengangguran mingguan lebih rendah dari yang diharapkan, menunjuk ke pasar tenaga kerja yang ketat.

Presiden Fed Boston Susan Collins mengatakan bank sentral mungkin perlu menaikkan suku bunga menjadi "sedikit di atas 5,0 persen", lalu menahannya di sana, sementara Wakil Ketua Fed Lael Brainard mengatakan bahwa terlepas dari moderasi inflasi baru-baru ini, inflasi tetap tinggi dan "kebijakan perlu cukup ketat untuk beberapa waktu." Komentar-komentar oleh Brainard "biasanya Fed dove yang andal" khususnya adalah "yang menambah ketakutan kenaikan suku bunga," kata Tony Sycamore, seorang analis di IG.

"Pasar tenaga kerja sedikit terlalu panas untuk mundur," tambah Sycamore.

Pasar memperkirakan suku bunga kebijakan akan sedikit di bawah 5,0 persen pada Juni, menyiratkan lebih dari 50 basis poin pengetatan tambahan.

"Saya berpendapat pasar telah bergerak, merasa yakin kita hampir mengakhiri siklus kenaikan dan perdebatan tentu saja di AS adalah apakah Fed akan mulai memangkasnya pada kuartal ketiga," Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone, menulis dalam sebuah catatan.

Indeks dolar - yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, termasuk euro dan yen - naik 0,14 persen menjadi 102,17, menambah jarak sedikit lebih jauh dari level terendah 7,5 bulan di 101,51 yang dicapai pada Rabu (18/1/2023).

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun sekitar 3,415 persen setelah memantul dari level terendah sejak pertengahan September di 3,321 persen semalam.

Imbal hasil JGB (obligasi pemerintah Jepang) yang setara tergelincir setengah basis poin menjadi 0,4 persen, melayang di sekitar level itu sejak terpukul kembali dari atas plafon kebijakan BoJ 0,5 persen pada Rabu (18/1/2023), ketika bank sentral menahan diri dari penyesuaian lebih lanjut pada kontrol kurva imbal hasil.

Di tempat lain, harga minyak mentah terus meningkat. Brent berjangka untuk pengiriman Maret naik 30 sen atau 0,35 persen menjadi 86,46 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS naik 49 sen atau 0,6 persen menjadi 80,82 dolar AS per barel.


Baca juga: Saham Asia dibuka naik tipis, pasar pertimbangkan naiknya bunga Fed
Baca juga: Kerugian saham Asia meluas, tertekan data PDB China yang lemah
Baca juga: Saham Asia dibuka melemah tertekan kekhawatiran resesi

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023