Manado (ANTARA) - Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara (Sulut) mengajak masyarakat menjaga kebersihan Pantai Malalayang di Kota Manado.

"Mari kita menjaga kebersihan Pantai Malalayang yang telah diperbaiki dan dibenahi ini," ajak Presiden usai meresmikan Manado Beach Walk (MBW) di kawasan Pantai Malalayang, Jumat.

Menurut Presiden, biaya penataan kawasan pariwisata Pantai Malalayang ini tidak sedikit dan menyerap anggaran hingga Rp96 miliar.

Baca juga: Jokowi: Protokol kesehatan paling penting saat terima turis China

Kepala Negara mengatakan, setelah penataan kawasan Pantai Malalayang, maka kegiatan seperti ini akan dilanjutkan sampai penataan Kota Manado ini semakin baik.

Penataan kawasan pariwisata Pantai Malalayang dan Bunaken dikerjakan PT Nindya Karya. Di destinasi wisata ini, dibangun warung apung, ada ikon bola dunia yang disematkan relief ikan purba Coelacanth.

Baca juga: Jokowi harapkan turis mancanegara kembali ramai kunjungi Bunaken

Warung apung ini, nantinya digunakan masyarakat pedagang usaha mikro kecil dan menengah yang sebelumnya menggunakan kawasan ini untuk berjualan.

Selain warung apung, disediakan juga taman bermain dengan perlengkapannya, area jogging track serta fasilitas lainnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden menyapa warga yang sejak pukul 12.00 Wita memadati area penandatangan prasasti peresmian.

Baca juga: Presiden Jokowi mengunjungi pusat perbelanjaan di Manado

Presiden juga sempat berbaur dengan anak-anak TK Kartini Malalayang yang saat itu telah usai mewarnai gambar, ada yel-yel, Kepala Negara juga sesekali mengikuti gerakan anak-anak.

Setelah itu, Presiden menyusuri lokasi proyek penataan kawasan pariwisata Pantai Malalayang, menyalami dan berswafoto dengan masyarakat yang menyapanya.


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2023