Jakarta (ANTARA) - Anthony Sinisuka Ginting mengaku senang bisa melewati babak perempat final India Open yang membuatnya harus bekerja keras menghadapi pebulu tangkis China, Li Shi Feng, Jumat.

"Saya gembira dengan kemenangan ini meski harus bertarung tiga gim. Saya berusaha keras untuk mengalahkan Li," ujar Ginting lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Pebulu tangkis peringkat ketiga dunia itu menang rubber game 21-11, 17-21, 21-18 dalam durasi 65 menit di New Delhi. Hasil tersebut memastikan langkahnya terus melaju ke babak semifinal turnamen berkategori BWF Super 750 tersebut.

Usai melalui pertandingan yang berjalan sengit, Ginting bersyukur tak mengalami cedera dan bisa menerapkan pola permainan seperti yang ia harapkan sejak awal.

Baca juga: Ginting lewati Li Shi Feng menuju semifinal India Open 2023

Ginting begitu dominan pada gim pertama lewat kemampuannya mengendalikan ritme permainan. Teknik neting yang divariasikan dengan serangan kerap menghasilkan poin bagi wakil Indonesia itu.

Sayangnya Ginting melakukan banyak kesalahan pada gim kedua. Berkali-kali permainan netnya tidak menyeberang ke bidang permainan lawan dan strateginya terlalu monoton.

"Gim kedua permainan saya mungkin terlalu monoton. Lawan rupanya sudah belajar dari kekalahan gim pertama dengan mengubah strategi. Sayangnya saya masih tetap dengan pola permainan yang sama," tutur Ginting.

Peningkatan kembali terjadi pada gim ketiga. Ginting yang semula masih kerap eror, mampu mengoreksi permainannya dan mengemas keunggulan atas Li pada interval akhir gim ketiga.

Baca juga: Empat wakil Indonesia bersaing ketat pada perempat final India Open

Serangan Ginting makin tajam dan membawanya untuk memimpin 16-11. Keunggulan itu mampu dipertahankan sampai pertandingan usai meski Li sempat memberikan perlawanan.

"Gim ketiga saya kembali terapkan strategi seperti gim pertama. Saya bisa lebih tenang. Variasi serangan juga lebih banyak. Lebih fokus dan tetap menyerang. Juga mengurangi kesalahan sendiri saja," ujar Ginting.

Selama bertarung, Ginting juga mendapat tambahan semangat dari penonton yang terus mendukungnya. Atlet asal Cimahi, Jawa Barat itu merasa bagai bermain di turnamen kandang yang dipenuhi pendukung dari Tanah Air.

"Saya seperti main di kandang sendiri dengan dukungan penonton di sini. Saya sangat senang melihat dukungan penonton. Saya merasa senang di India," tuturnya.

Dengan kemenangan itu, Ginting merebut tiket ke semifinal namun masih menanti calon lawan antara Loh Kean Yew (Singapura) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Baca juga: Fajar/Rian amankan tiket perempat final India Open dari Bagas/Fikri

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023