Tindakan hari ini mungkin karena kami memiliki tiga hari turun sehingga masuk ke posisi oversold dan mereka hanya melakukan sedikit bargain hunting hari ini
New York (ANTARA) - Wall Street menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dengan Indeks Dow Jones dan S&P 500 menghentikan penurunan beruntun tiga sesi dan Nasdaq terangkat lebih dari 2,0 persen didorong oleh kenaikan kuat saham-saham terkait teknologi.

Dow Jones Industrial Average naik 330,93 poin atau 1,00 persen menjadi 33.375,49. Indeks S&P 500 bertambah 73,76 poin atau 1,89 persen menjadi 3.972,61. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 288,17 poin atau 2,66 persen menjadi 11.140,43.

Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor layanan komunikasi dan teknologi masing-masing melonjak 3,96 persen dan 2,72 persen, memimpin kenaikan.

Untuk minggu ini Indeks Dow Jones turun 2,7 persen, Indeks S&P 500 turun 0,7 persen, dan Indeks Nasdaq naik 0,6 persen. Indeks Nasdaq membukukan kenaikan minggu ketiga berturut-turut.

Saham Netflix Inc melonjak 8,46 persen karena perusahaan streaming itu menambahkan lebih banyak pelanggan dari yang diharapkan pada kuartal keempat dan mengatakan salah satu pendirinya Reed Hastings mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif.

Laporan triwulanan Netflix datang ketika teknologi dan sektor terkait pertumbuhan lainnya menghadapi rintangan karena jalur suku bunga yang meningkat dari Federal Reserve (Fed) AS dan kekhawatiran resesi yang telah mendorong perusahaan seperti Microsoft Corp dan Amazon.com Inc merumahkan ribuan karyawan.

Baca juga: CEO Netflix Reed Hastings mundur

Alphabet Inc adalah perusahaan terbaru yang mengumumkan PHK dengan memangkas 12.000 pekerja, mengirimkan saham 5,34 persen lebih tinggi.

Sektor-sektor dengan pertumbuhan tinggi seperti layanan komunikasi termasuk di antara yang berkinerja terburuk pada 2022 dan terutama melemah dalam beberapa bulan terakhir karena investor tertarik pada saham dengan hasil dividen yang tinggi.

"Tindakan hari ini mungkin karena kami memiliki tiga hari turun sehingga masuk ke posisi oversold dan mereka hanya melakukan sedikit bargain hunting hari ini," kata Managing Partner di Kace Capital Advisors, Ken Polcari, di Boca Raton, Florida.

"Jika orang melihat peluang, jika mereka merasa lebih nyaman dengan narasi Fed... investor mulai membeli narasi itu dan berkata 'Oke begitu, mari kita lihat saham yang benar-benar terpukul ' karena pasar adalah mekanisme diskon."

Komentar dari pejabat Federal Reserve sebagian besar mengatakan mereka mengharapkan suku bunga naik menjadi setidaknya 5,0 persen tahun ini karena bank sentral terus mencoba meredam inflasi yang tinggi. Pada Jumat (20/1/2023), Gubernur The Fed Christopher Waller mengatakan bank sentral mungkin "cukup dekat" ke titik di mana suku bunga "cukup membatasi" untuk mendinginkan inflasi, yang memberi dorongan tambahan pada ekuitas.

Baca juga: Harga emas perpanjang kenaikan di tengah ekspektasi bunga Fed melambat

The Fed sebagian besar diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada pengumuman kebijakan 1 Februari.

Namun kekhawatiran tentang laba perusahaan tetap ada karena ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda perlambatan dan kemungkinan resesi.

Para analis sekarang memperkirakan laba tahun-ke-tahun dari perusahaan-perusahaan S&P 500 turun 2,9 persen untuk kuartal keempat, menurut data Refinitiv, dibandingkan dengan penurunan 1,6 persen di awal tahun.

Namun keuntungan di Dow dibatasi oleh penurunan 2,54 persen saham Goldman Sachs Group Inc setelah Wall Street Journal melaporkan The Fed sedang menyelidiki bisnis konsumen perusahaan.

Volume perdagangan di bursa AS mencapai 11,90 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,87 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Baca juga: Dolar AS di kisaran terendah 7 bulan khawatir perlambatan ekonomi
Baca juga: Wall St jatuh, data pasar tenaga kerja picu kekhawatiran kebijakan Fed



 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023