Jakarta (ANTARA) - Beberapa waktu yang lalu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, Bogor. Dalam pertemuan tersebut ada beberapa poin yang dibahas dan peningkatan sinergi diantara kedua negara sangat dibutuhkan. Menindak lanjuti pertemuan tersebut, Tenaga Nasional Berhad (TNB) menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero), dan kemudian Institut Teknologi PLN (ITPLN) beserta Universiti Tenaga Nasional (UNITEN) Malaysia menandatangani MoU Kerja sama untuk memperkuat sinergi diantara keduanya dalam bidang akademik, termasuk kerja sama riset lintas negara.

Penandatanganan berlangsung sehari setelah Top Leader Meeting Aliansi Perguruan Tinggi berbasis BUMN atau APERTI BUMN dan Government Linked University atau GLU. Penandatanganan ini juga menjadi momen untuk memperkuat sinergi diantara kedua Perguruan Tinggi.

Dalam MoU ini kedua perguruan tinggi sepakat untuk menjalin kerja sama lintas negara dalam lingkup riset bersama, pertukaran pelajar, visiting professor, guest lecture, double degree, workshop dan pelatihan, dan program kerja sama lain dalam bidang akademik maupun program lainnya yang dapat disepakati dikemudian hari.

Acara dihadiri oleh Rektor ITPLN Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M K, MT beserta Wakil Rektor I Bidang Akademik Dipl.-Ing. Iwan Tutuka Prambudi, MEng, PhD, sementara itu dari pihak UNITEN dihadiri oleh Prof. Ir. Dr. Noor Azuan Bin Abu Osman selaku Rektor UNITEN dan Mohd. Arif Bin Abdulah selaku Special Officer to Vice Chancellor UNITEN.

UNITEN memiliki kemiripan dengan ITPLN, dimana UNITEN merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang berada dalam naungan Tenaga Nasional Berhad (TNB) seperti PLN bila di Indonesia. Kerja sama ini juga merupakan salah satu bukti keseriusan ITPLN dalam mewujudkan visinya untuk menjadi perguruan tinggi yang modern, mandiri, internasional, dan unggul dalam bidang energi khususnya ketenagalistrikan.

Semoga dengan adanya kerja sama antara ITPLN dengan UNITEN dapat membawa manfaat dan melahirkan kajian ilmu yang dapat bermanfaat bagi Indonesia dan Malaysia.

Wujudkan visi perguruan tinggi Modern, ITPLN gandeng UNITEN Malaysia


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023