"Jangan mudah percaya dengan isu yang sengaja dihembuskan untuk menganggu keamanan di wilayah Batom," ujar Suharman.
Jayapura (ANTARA) - Babinsa Koramil 1715-05/Batom melaksanakan komunikasi sosial (komsos) dengan masyarakat Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan, Provinsi Papua Pegunungan.
 
Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (20/1)  dalam rangka memantau situasi perkembangan di wilayah yang berada di perbatasan RI-Papua Nugini.
 
Babinsa Koramil 1715-05/Batom Serda Suharman di Jayapura, Sabtu, mengatakan komunikasi sosial dilakukan dengan mengunjungi Kampung Batom, Okyako dan Kampung Batom Dua.
 
Kegiatan ini bertujuan untuk memonitor perkembangan situasi dan keadaan di wilayah Koramil Batom yang berada di perbatasan RI-PNG, selain itu untuk menjaga silaturahmi dengan sekaligus mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat setempat.
 
"Saat bertemu warga kami selalu menghimbau masyarakat untuk saling menjaga keamanan kampung dan bila terjadi suatu masalah antar warga agar diselesaikan secara kekeluargaan sehingga tidak mengganggu ketentraman masyarakat lainnya, " kata Serda Suharman.
 
Diakui, pihaknya juga berpesan bila ada tersebar isu yang bersifat provokatif jangan langsung percaya, akan tetapi cek kebenarannya dengan bertanya ke aparat keamanan.
 
"Jangan mudah percaya dengan isu yang sengaja dihembuskan untuk mengganggu keamanan di wilayah Batom," ujar Suharman.
 
Salah satu masyarakat Kampung Okyako, Chris menyampaikan situasi keamanan di kampungnya dalam kondisi aman.
 
“Masyarakat bersama-sama mewujudkan kampung yang aman, damai dan nyaman dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan babinsa yang menghimbau agar masyarakat selalu ikut menjaga keamanan," kata Chris.
 
Distrik Batom merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023