saya harap situasi aman sentosa
Jakarta (ANTARA) -
Klenteng Kong Miao di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) hanya mengagendakan kegiatan sembahyang pada perayaan Tahun Baru Imlek 2023 meski pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).
 
"Dari pimpinan tertinggi kami memang masih mengimbau untuk membatasi kegiatan walaupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut. Kegiatan lebih terpusat pada sembahyang saja," kata rohaniwan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Wenshi Vekky Mongkareng usai melaksanakan sembahyang di Klenteng Kong Miao TMII, Jakarta Timur, Minggu.
 
Menurut dia, selama pandemi COVID-19 perayaan Tahun Baru Imlek tidak semeriah empat tahun sebelumnya.
Rohaniwan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) Wenshi Vekky Mongkareng saat memberikan keterangan pers di Klenteng Kong Miao TMII, Jakarta Timur, Minggu. (22/1/2023). ANTARA/Syaiful Hakim
"Terus terang saja tahun ini dan tiga tahun belakangan kegiatan  memang sangat terbatas. Dulu ada atraksi barongsai, ada pertemuan dengan tokoh lintas agama, dan pertemuan dengan pemerintah," kata Vekky.
 
Dalam perayaan Tahun Baru China itu, dia berharap umat Khonghucu dapat meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
"Apalagi menjelang tahun politik nanti, saya harap situasi aman sentosa dan pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik," tuturnya.
 
Pantauan Antara di lapangan, tak banyak umat Khonghucu yang melaksanakan ibadah di Klenteng Kong Miao itu dalam menyambut Tahun Baru Imlek.
 
Selain itu, tak jarang pengunjung TMII yang berswafoto untuk mengabadikan gambarnya di depan klenteng tersebut.
Baca juga: Polda Metro lakukan sterilisasi pada vihara besar jelang Imlek
Baca juga: Ratusan personel gabungan siap amankan Imlek di Jakarta Selatan
Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 4.550 personel untuk pengamanan Imlek

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023