Liga Jerman

Dortmund tundukkan Augsburg melalui drama tujuh gol

Dortmund tundukkan Augsburg melalui drama tujuh gol

Gelandang Borussia Dortmund Giovanni Reyna berusaha menaklukkan kiper Augsburg Rafal Gikiewicz pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (22/1/2023). (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund menundukkan tamunya Augsburg melalui drama tujuh gol dengan kemenangan 4-3, pada pertandingan Liga Jerman yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu.

Kemenangan itu membawa Dortmund naik satu strip ke posisi keenam di klasemen Liga Jerman dengan koleksi 28 poin, sedangkan Augsburg tetap berada di posisi ke-15 dengan 15 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Augsburg harus melakukan pergantian pemain sejak fase awal pertandingan, ketika Irvin Cadona menggantikan Ruben Vargas yang cedera akibat dilanggar Mats Hummels. Mereka sempat cemas terpaksa harus kembali melakukan pergantian pemain ketika wajah kiper Rafal Gikiewicz terhantam bola tembakan Raphael Guerreiro, namun sang pemain mampu melanjutkan permainan.

Upaya Augsburg untuk mempertahankan gawang mereka dari kemasukan akhirnya sirna pada menit ke-30. Jude Bellingham yang mendapat umpan dari Karim Adeyemi, mampu mengecoh pengawalnya sebelum melepaskan sepakan mendatar ke sudut gawang Gikiewicz.

Unggul satu gol sempat membuat Dortmund lengah. Pada menit ke-40 Nico Schlotterbeck tidak terlalu ngotot merebut kembali bola saat ia kehilangan penguasaan bola di dekat tiang tendangan sudut, dan membuat Augsburg dapat menyamakan kedudukan melalui tembakan Arne Maier.

Schlotterbeck berhasil menebus kesalahannya itu pada menit ke-42. Ia menyambar tendangan bebas Julian Brandt untuk merestorasi keunggulan Dortmund.

Baca juga: Koln pesta tujuh gol ke gawang Werder Bremen
Baca juga: Frankfurt naik ke peringkat kedua klasemen setelah hantam Schalke


Tendangan bebas lainnya dari Brandt hampir berbuah gol ketiga Dortmund, saat tandukan Mats Hummels dapat ditepis Gikiewicz.

Justru Augsburg yang berhasil kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-46. Arne Engels mencuri bola di lini tengah, sebelum mengirim umpan terobosan tertuju pada Ermedin Demirovic. Bola sepakan penyelesaian Demirovic pun meluncur mulus, meski Julian Ryerson berusaha untuk menghalaunya di garis gawang.

Setelah turun minum, Dortmund kembali memimpin pada menit ke-75 berkat gol pemain pengganti Jamie Bynoe Gittens. Ia menggiring bola dari sektor sayap kiri, melewati dua pemain bertahan Augsburg, sebelum menyelesaikannya dengan sepakan mendatar ke sudut jauh gawang.

Augsburg mengantisipasi situasi tersebut dengan melakukan tiga pergantian pemain, dan dua pemain yang dimasukkan berperan penting membawa mereka kembali menyamakan kedudukan. Tembakan Kelvin Yeboah membentur mistar gawang, dan bola pantul jatuh ke penguasaan David Collina untuk diteruskan masuk ke gawang tuan rumah pada menit ke-77.

Di kubu Dortmund, pemain pengganti juga menjadi sosok yang berperan besar menentukan hasil akhir pertandingan. Pada menit ke-78, Giovanni Reyna yang baru bermain selama delapan menit, melepaskan sepakan voli yang menjadi gol terakhir pada laga sengit ini.

Daftar susunan pemain:

Borussia Dortmund: Gregor Kobel, Julian Ryerson, Nico Schlotterbeck, Mats Hummels, Raphael Guerreiro, Jude Bellingham, Salih Ozcan, Karim Adeyemi (Giovanni Reyna 70'), Julian Brandt, Donyell Malen (Jamie Bynoe Gittens 70'), Youssoufa Moukoko (Sebastian Haller 62')

Augsburg: Rafal Gikiewicz, Robert Gummy, Felix Uduokhai, Jeffrey Goueweleeuw, Mads Pedersen, Arne Engels, Elvis Rexhbecaj (David Colina 76'), Arne Maier (Julian Baumgartlinger'), Ruben Vargas (Irvin Cardona 12' (Fredrik Jensen 65')), Dion Drena Beljo (Kelvin Yeboah 76'), Ermedin Demirovic

Baca juga: Bayern hanya bawa pulang satu poin dari lawatan ke markas Leipzig

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar