Jakarta (ANTARA) - Paulo Dybala menjadi sosok penting saat AS Roma menundukkan tuan rumah Spezia dengan skor 2-0, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Alberto Picco, Spezia, Senin dini hari WIB.

Penyerang asal Argentina itu memberikan assist bagi gol-gol yang dibukukan Stephan El Shaarawy pada menit ke-45, dan gol yang dicetak Tammy Abraham pada menit ke-49, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Tambahan tiga poin membawa Giallorossi naik tiga strip ke posisi keempat di klasemen sementara Liga Italia, dengan koleksi 37 poin. Sedangkan Spezia tetap tertahan di posisi ke15 dengan 18 poin.

El Shaarawy menguji kiper Bartlomiej Dragowski melalui sepakan jarak jauh, sedangkan Petko Hristov hampir membahayakan gawang timnya saat ia menghentikan pergerakan Abraham yang mengejar operan Gianluca Mancini.

Nicola Zalewski bergerak memotong dari kiri untuk melepaskan tembakan yang melambung ke atas gawang Spezia. Tidak lama berselang Abraham meneruskan bola tendangan sudut Dybala, namun Mancini gagal menyambarnya.

Baca juga: Udinese bawa pulang tiga poin dari lawatan ke markas Sampdoria

Roma membuka keunggulan melalui kerja sama apik para pemainnya. Abraham mengirim bola panjang, dan bola diteruskan El Shaarawy ke sisi kanan, untuk kemudian ia bersiap menyambar bola sodoran pemain Argentina itu masuk ke gawang tuan rumah.

Tidak lama babak kedua bergulir, Medhi Bouradia beruntung tidak diganjar kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Chris Smalling.

Tim tamu menggandakan keunggulan saat Dybala mengintersep bola operan Salvatore Esposito, dan mengirimkannya kepada Abraham, yang masih sempat mengecoh Mattia Caldara, dan bergerak maju untuk menaklukkan Dragowski. Skor 2-0 bagi keunggulan tim ibukota bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Sassuolo berhasil mengakhiri rentetan empat kekalahan beruntun di liga dengan bermain imbang 1-1 di markas Monza.

Neroverdi bahkan mampu unggul terlebih dahulu melalui gol Gian Marco Ferrari pada menit ke-13, ketika dari situasi tendangan sudut bola jatuh ke penguasaannya untuk kemudian dilesakkan ke gawang tuan rumah.

Namun harapan Sassuolo untuk membawa pulang tiga poin sirna, ketika Gianluca Caprari melepaskan tembakan melengkung untuk mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-60.

Hasil ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara. Monza tetap menghuni posisi ke-13 dengan koleksi 22 poin. Sedangkan Sassuolo tetap berada di posisi ke-17 dengan 17 poin, hanya unggul lima poin di atas zona merah.

Baca juga: Gol semata wayang Miranchuk akhiri rentetan nirkemenangan Torino
Baca juga: Napoli menangi derby Campania untuk kuatkan cengkeraman di puncak

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023