Jakarta (ANTARA) - Ratusan pelayat berjejalan di Graceland pada Minggu pagi (22/1) waktu setempat untuk memberi penghormatan terakhir kepada penyanyi Lisa Marie Presley dalam upacara pemakaman di mansion Memphis, Tennessee, sebuah kawasan yang dia warisi dari ayahnya, legenda rock Elvis Presley.

Baca juga: Lisa Marie Presley, putri Elvis Presley, meninggal dunia

Penyanyi Alanis Morissette, Billy Corgan, dan Axl Rose tampil dalam upacara itu. Lisa Presley meninggal pada 12 Januari pada usia 54 tahun. Sebelumnya pada hari itu, dia dilarikan ke rumah sakit daerah Los Angeles setelah dilaporkan menderita serangan jantung di rumahnya.

"Hati kami hancur, kami semua mencintaimu, Lisa," kata ibunya, Priscilla Presley, pada kebaktian di halaman depan Graceland sebagaimana dilaporkan Reuters.

Di mata ibunya, Lisa Marie Presley adalah ikon, panutan, pahlawan super bagi banyak orang di seluruh dunia.

Lisa Marie Presley meninggalkan seorang putri, aktris Riley Keough dan anak kembar Finley dan Harper Lockwood yang berusia 14 tahun.

Dua hari sebelum kematiannya, dia muncul bersama ibunya, Priscilla Presley, di Golden Globe Awards di Beverly Hills, California, di mana aktor Austin Butler memenangkan penghargaan aktor terbaik untuk memerankan ayahnya dalam film "Elvis." Butler memberikan penghormatan kepada kedua wanita tersebut dalam pidato penerimaan penghargaannya.

Lisa Presley memulai karir musiknya pada tahun 2000-an dengan dua album, "To Whom It May Concern" dan "Now What", yang masuk dalam 10 besar tangga album Billboard 200.

Dia menikah dan bercerai empat kali, termasuk dengan bintang pop Michael Jackson dan aktor Nicholas Cage.

Dia adalah satu-satunya anak dari salah satu bintang terbesar dalam musik Amerika. Lisa berusia 9 tahun ketika Elvis Presley meninggal karena gagal jantung pada usia 42 tahun 1977 di Graceland. Rumah besar itu sekarang menjadi objek wisata yang populer.

Elvis Presley dan anggota keluarganya yang lain dimakamkan di Taman Meditasi Graceland.

Lisa Marie Presley dikebumikan di sana sebelum upacara pemakaman di samping makam putranya, Benjamin Keough, yang meninggal pada tahun 2020 pada usia 27 tahun, kematian dinyatakan sebagai aksi bunuh diri oleh koroner Los Angeles County. Dalam sebuah esai baru-baru ini, mendiang menggambarkan betapa hancur dirinya atas kematian putranya.

Setelah upacara pemakaman, teman, keluarga, dan anggota masyarakat membentuk prosesi melewati makam Lisa Marie Presley.


Baca juga: Cucu Elvis Presley, Benjamin Keough meninggal dunia

Baca juga: Aktor Austin Butler beri penghormatan untuk Lisa Marie Presley

Baca juga: Putri Elvis, Lisa Marie, Hamil Anak Kembar

 

Penerjemah: Siti Zulaikha
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023