Jakarta (ANTARA) - Jiri Lehecka dengan percaya diri memperingatkan Stephanos Tsitsipas bahwa dia ingin balas dendam dan sudah mengetahui cara bermain melawannya pada perempat final tunggal putra Australian Open, Selasa (24/1).

Petenis Ceko berusia 21 tahun yang sedang naik daun itu adalah salah satu dari sejumlah kejutan di Melbourne Park. Ia melaju ke babak delapan besar Grand Slam untuk pertama kalinya setelah tersingkir di babak pembukaan di keempat turnamen tenis utama tahun lalu.

Peringkat 71 itu, ia berencana untuk memanfaatkan momentumnya kali ini dengan menuntaskan urusan yang belum selesai melawan Tsitsipas, unggulan ketiga asal Yunani.

Dalam terobosan terbesar Lehecka sebelum ke Melbourne Park, ia pernah mencapai semifinal Februari lalu di turnamen Rotterdam -- sebelum dikalahkan oleh Tsitsipas.

Baca juga: Tsitsipas perlu bertarung lima set untuk mencapai perempat final

"Saya akan membalas dendam itu, pasti. Saya tahu dia akan mengingat bagaimana kami bermain tahun lalu di Rotterdam. Satu set saya menjadi pemain yang lebih baik di lapangan. Kemudian dia merebut permainan," katanya seperti dikutip AFP, Senin.

"Menurut saya dia akan ingat, dan dia akan tahu apa kekuatan saya. Dia akan merasa bahwa saya bisa membuatnya di bawah tekanan."

Dalam pertandingan di Rotterdam, Lehecka memenangkan set pertama 6-4 sebelum menyerah pada bintang Yunani yang memiliki pukulan keras itu 6-4, 6-2.

"Dia pemain hebat. Dia nomor empat di dunia. Bagaimana pun jika Anda berada di 10 besar, maka Anda harus menunjukkan permainan tenis yang luar biasa," kata Lehecka.

"(Tapi) saya tahu cara bermain melawan dia. Tentu saja, pertandingan tahun lalu saat semifinal Rotterdam akan banyak membantu saya, bagaimana membayangkan beberapa hal, bagaimana hasilnya di sana, bagaimana mempersiapkan pertandingan berikutnya."

Baca juga: Djokovic tundukkan Dimitrov untuk melaju ke 16 besar Australian Open

Pukulan keras Lehecka di baseline dan permainan net yang halus terbukti ampuh saat mengalahkan unggulan keenam Felix Auger-Aliassime di putaran keempat pada Minggu, 4-6, 6-3, 7-6 (7/2), 7- 6 (7/3) kemenangan.

Itu adalah kemenangan pertamanya melawan petenis 10 besar pada upaya kelima.

Lehecka mengatakan dia telah mendapat banyak kepercayaan diri dari hasil terakhirnya - termasuk saat melaju ke final kejuaraan Next Gen di Milan akhir tahun lalu - dan masuk ke 100 besar dunia.

"Bagi saya momen ketika saya menembus 100 besar, tentu saja, adalah salah satu hal terindah," katanya.

"Tapi setelah itu ada banyak tantangan baru, pengalaman baru. Ini adalah pertama kalinya saya bermain di semua turnamen besar ini. Ini adalah pertama kalinya saya bermain dengan semua pemain besar ini, nama-nama hebat.

“Berlatih dengan mereka, menjadi bagian dari tur, bagi saya, itu adalah banyak hal baru yang saya pelajari dan saya coba pelajari selama itu. Tentu saja, dengan ini, ada juga beberapa hasil buruk.

"Menurut saya di Next Gen, saya akhirnya menemukan permainan saya dan saya menemukan cara memainkan apa yang ingin saya mainkan, dan cara mengalahkan pemain-pemain hebat di stadion besar."

Baca juga: Swiatek dihentikan Rybakina pada babak keempat Australian Open
Baca juga: Korda singkirkan Medvedev dari perburuan gelar Australian Open

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023