Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan bahwa PDIP menggelar dapur umum untuk mencegah stunting, sekaligus membuat gerakan merawat ibu pertiwi.
 
“Hari ini seluruh kader partai memberikan hadiah ulang tahun istimewa (bagi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) dengan membuka dapur umum di seluruh DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Indonesia," kata Hasto Kristiyanto melalui keterangannya di Jakarta Senin.
 
Dapur umum, kata dia, menyediakan makanan untuk mencegah stunting yang diberikan kepada masyarakat membutuhkan dan menjadi bagian keberpihakan partai.
 
Selain dapur umum, kata dia, hadiah HUT Megawati dilakukan melalui gerakan merawat pertiwi dengan penghijauan, membersihkan sungai, dan gerakan hidup sehat yang akan digelar secara nasional dan dipusatkan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1).
 
"Partai menggelar gerakan penghijauan di Kota Bandung pada akhir pekan ini. Pencanangan pembukaan Program Penghijauan Nasional telah dilaksanakan di Kota Bekasi pekan lalu," kata Hasto.
 
Hasto mengatakan Megawati dalam berbagai arahannya selalu mendorong semangat mencintai bumi dan lingkungan.

Baca juga: PDIP konsultasi dengan Dewan Pers terkait pemberitaan HUT Ke-50 PDIP
Baca juga: PDIP nilai pembangunan bandara di Bali Utara berbenturan dengan rakyat
 
Tahun lalu, katanya, PDIP menggelar kegiatan penanaman pohon dan penghijauan secara serentak. Aksi tersebut dinamai 'Merawat Pertiwi' sebagai kado ulang tahun untuk Megawati.
 
"Ibu Mega memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap lingkungan. Program penghijauan yang terus digemakan partai merupakan bagian dari upaya merawat bumi yang selalu diingatkan Ibu Mega," kata Hasto.
 
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berulang tahun yang ke-76. Jajaran pengurus pusat dan daerah beserta kader banteng di seluruh Indonesia memberikan ucapan selamat dan doa kepada Putri Pproklamator RI Soekarno tersebut.
 
"Selamat Ulang Tahun Ibu Megawati Soekarnoputri, kami sungguh hormat dan mencintai Beliau, terus berjuang bersama bagi negeri," ucap Sekjen PDIP.
 
Megawati Soekarnoputri tidak melakukan perayaan secara khusus dan memilih berkumpul bersama keluarga dan para sahabat.
 
"Dengan demikian tidak melakukan 'open house'," kata dia lagi.
 
Menurut dia, Megawati telah menyampaikan keinginan untuk perayaan ulang tahunnya digelar sederhana saat berpidato pada HUT Ke-50 PDIP, tanggal 10 Januari 2023.
 
“Melalui kepemimpinan Ibu Megawati, kami semua diajarkan tentang politik kebenaran, kekuatan mata hati, keyakinan politik, dan kesabaran revolusioner," kata Hasto.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023