Bali (ANTARA) - Pulau dewata Bali pada Minggu (22/1) menyambut kembali gelombang pertama wisatawan mancanegara (wisman) asal China yang datang dengan penerbangan sewaan setelah pemerintah China mengoptimalkan aturan COVID-19.

Lagu dan tarian tradisional Bali menyambut kedatangan para wisatawan China dan Gubernur Bali, I Wayan Koster, memberikan karangan bunga kepada salah satu wisatawan dari rombongan tersebut.

Anak-anak berinteraksi dengan penampil barongsai di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai di Bali pada 22 Januari 2023.

"Saya yakin pariwisata Bali akan kembali berkembang dengan kedatangan wisatawan China ini. China menjadi sumber wisatawan terbesar di Bali selama bertahun-tahun, dan jumlah wisatawan China yang berkunjung ke Bali mencapai angka 1,4 juta," kata Koster.

Zhu Xinglong, Konsul Jenderal China di Denpasar yang turut menghadiri upacara itu, mengapresiasi persiapan matang yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk menyambut kedatangan para wisatawan China di Bali.

 Zhu mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara percontohan pertama bagi China untuk melanjutkan industri perjalanan ke luar negeri bagi warga negara China, yang menunjukkan keramahan pemerintah Indonesia terhadap wisatawan China.

Zhu menuturkan Konsulat Jenderal China di Denpasar akan memperkuat kerja sama pariwisata dengan departemen-departemen terkait di Indonesia, serta mendorong pertukaran personel dan hubungan antarmasyarakat di antara China dan Indonesia. Selesai


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023