Banda Aceh (ANTARA) - Banjir yang melanda 21 Kecamatan di Kabupaten Pidie sejak tiga hari terakhir mulai surut namun ribuan warga masih bertahan di tempat pengungsian karena rumah rumah warga masih terendam kata pejabat setempat.
 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Pidie, Muhammad Rabiul, Selasa menyebutkan sebanyak 2.165 jiwa korban banjir dari 595 kepala keluarga (KK) yang berasal dari dua Kecamatan di Pidie masih bertahan di tempat pengungsian karena rumah yang mereka tempati masih terendam banjir luapan akibat intensitas tingginya hujan.
 

Ia menjelaskan sebelumnya 3.696 warga Pidie dari 1.205 KK mengungsi, kini berkurang dan lokasi banjir menjadi enam titik.
 

Di Kecamatan Pidie ada dibuka tiga posko pengungsian yaitu di Meunasah Dayah Tutong dengan jumlah korban 178 jiwa dari 40 KK, selanjutnya 240 warga Keuniree yang mengungsi ke SMA Negeri 2 Sigli sebanyak 50 KK dan mengungsi ke Dayah Tgk Chik Dianjong sebanyak 30 KK.

Baca juga: PLN padamkan sementara listrik tiga lokasi terdampak banjir di Aceh

Baca juga: Sebanyak 3.696 jiwa dari 21 kecamatan di Pidie mengungsi

 

Sementara di Kota Sigli ada beberapa posko pengungsian diantaranya, Meunasah Blang Asan dan Mess Pemda sebanyak 1.747 korban banjir yang masih bertahan di pengungsian karena terjebak di ruas jalan dan rumah masih dikepung banjir.
 

Rabiul menambahkan di Meunasah Gampong Asan ada 1.200 korban banjir yang masih mengungsi, di Meunasah Lampoh Krueng serta balai pengajian Gampong ada 525 jiwa dan di Beuringin Lambusoe dan Tanjung Harapan sebanyak 894 korban banjir belum bisa kembali ke rumah.
 

Menurut dia banjir di Kabupaten Pidie mulai surut, hanya saja ada beberapa lokasi yang masih terjebak banjir di jalan dan rumah warga seperti di Cot Tengoh, Keunire, Cot Reng, Blang Asan, Gampong Asan dan Tibang.
 

Ia mengatakan semua korban telah dievakuasi sejak air merendam wilayah tersebut, dibantu oleh tim dari TNI/Polri, BPBD, dan lainnya yang berada di lokasi banjir untuk mengungsi.
 

Disamping itu, ada beberapa titik terancam badan jalan karena amblasnya tebing sungai diantaranya di Gampong Baro Pulo Pisang, Klibeut, Ara Bungkok di jalan Delima-Mila ,di Jalan Kembang Tanjong dan Neulop Semen Teupin Raya.
 

Adapun tebing yang ambruk karena derasnya aliran sungai di Gampong Baro, Kecamatan Pidie, telah dibersihkan dengan menggunakan alat berat eskavator, rumpun bambu yang jatuh ke sungai sudah diangkat semuanya.
 

“Mengenai bangunan rusak, sejauh ini kami belum menerima laporan dari Camat terkait mungkin dalam tahap pendataan,” kata Muhammad Rabiul.

Baca juga: Banjir berdampak pada 17.628 orang di delapan kecamatan di Pidie Jaya

Baca juga: Ratusan keluarga di Aceh terdampak banjir akibat hujan lebat

 

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023