Jakarta (ANTARA) - Desainer Dior Maria Grazia Chiuri memberikan penghormatan kepada Josephine Baker dengan peragaan haute couture musim seminya di Paris pada Senin (23/1) waktu setempat.

Ia mengirimkan barisan model mempesona yang menampilkan jacquard emas, beludru yang dihancurkan, dan pinggiran manik-manik yang bergoyang dan berkilau di panggung.

"Dia segera memahami kekuatan mode," kata Chiuri tentang Baker, penyanyi dan penari jazz Prancis-Amerika yang terkenal, dilaporkan Reuters.

Sang desainer melihat melampaui gaya panggung Baker, juga mempertimbangkan kecintaannya pada jas dan seragam yang dikenakannya sebagai anggota perlawanan di Prancis selama Perang Dunia II, serta pakaian yang lebih intim, termasuk jubah yang menutupi tubuh yang dikenakan setelah pertunjukan.

Pertunjukan label milik LVMH ini dibuka dengan balutan jubah mewah yang dirangkapi bodysuit berbahan satin. Sebuah terusan beludru hitam mengikuti, tanpa tali, kaki dipotong lebar, sebelum beralih ke serangkaian mantel yang dikenakan di atas rok panjang berlipit.

Baca juga: Dior membawa tema "baroque" di Pekan Mode Paris

Karya seni oleh Mickalene Thomas juga berbaris di set, potret wanita kulit hitam yang sosoknya lebih besar dari rata-rata dalam keseharian, termasuk Donyale Luna, Eartha Kitt, dan Naomi Sims.

"Karya itu dibuat di jalan yang dibuka oleh Baker," kata Thomas.

Dia berusaha untuk menggambarkan kecantikan dan kepercayaan diri para wanita ini, Thomas mengatakan kepada Reuters. Di situlah, Thomas ingin menggambarkan tantangan sulitnya mengerucutkan pilihan menjadi 13 saja.

"Semua wanita ini aktif secara sosial dan mereka menggunakan panggung, suara mereka atau penampilan mereka untuk benar-benar menceritakannya. Sebuah cerita atau narasi tentang kehidupan pribadi mereka dan juga tentang demografisnya," kata Thomas.

Pameran yang diadakan di ruang pamer sementara di Museum Rodin di Paris ini dibuka untuk umum hingga 29 Januari 2023.

Baca juga: Pameran busana Dior tampilkan kecintaan sang desainer terhadap Jepang.

Baca juga: Dior usung tema "survival", bawa koleksi klasik ke Pekan Mode Paris

Baca juga: Desainer selipkan tema proteksi di koleksi musim gugur Dior

Penerjemah: Suryanto/Siti Zulaikha
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023