Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan Selasa, didorong oleh keuntungan baru untuk saham-saham teknologi, sementara investor menunggu data ekonomi yang diharapkan menunjukkan sedikit peningkatan dalam aktivitas bisnis zona euro.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik tipis 0,1 persen setelah penyelesaian yang kuat di Wall Street, terangkat oleh saham-saham teknologi yang terpukul tahun lalu setelah melonjaknya suku bunga.

Pembacaan singkat S&P Global, yang dijadwalkan pada pukul 09.00 GMT, diperkirakan akan menunjukkan PMI (Indeks Manajer Pembelian) komposit zona euro naik tipis menjadi 49,8 pada Januari, peningkatan kecil dari 49,3 pada Desember, karena harga energi turun dan inflasi moderat.

Baca juga: Saham Eropa naik, terkerek sektor teknologi meski sinyal ECB "hawkish"

Di antara saham-saham, Rheinmetall bertambah 1,2 persen setelah kepala eksekutif kelompok perusahaan pertahanan Jerman itu memperkirakan penjualannya akan tumbuh menjadi 11-12 miliar euro (12-13 miliar dolar AS) pada tahun 2025, menurut majalah Jerman Stern.

Swatch Group menguat 0,8 persen setelah perusahaan pembuat jam Swiss itu mengatakan positif tentang pemulihan di pasar China dan juga melaporkan peningkatan 2,5 persen pada penjualan 2022.

Saham petani salmon Norwegia SalMar dan Mowi masing-masing melonjak 4,7 persen dan 9,1 persen, ke puncak indeks STOXX 600.

Baca juga: Dolar lesu ketika euro dekati puncak 9-bulan dan yen menguat
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023