Tahapan SPAN PTKIN meliputi pendaftaran sekolah, madrasah atau ponpes pada 17 Januari-13 Februari 2023
Semarang (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang pada 2023 membuka pendaftaran calon mahasiswa baru dari dua jalur, yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Rektor UIN Walisongo Semarang Prof. Imam Taufiq di Semarang, Jawa Tengah, Selasa, menjelaskan SPAN PTKIN adalah seleksi nasional calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik bagi siswa sekolah, madrasah atau pondok pesantren lulusan 2023.

Tahapan SPAN PTKIN meliputi pendaftaran sekolah, madrasah atau ponpes (17 Januari-13 Februari 2023), pendaftaran siswa (16 Februari-4 Maret 2023) dan hasil seleksi diumumkan pada 3 April 2023.

Untuk registrasi ulang calon mahasiswa yang lolos SPAN PTKIN dilaksanakan pada 4-12 April 2023, dilanjutkan pengumuman uang kuliah tunggal (UKT) pada 19 April 2023, dan pembayaran UKT (20 April-5 Mei 2023).

Imam menjelaskan bahwa seluruh proses pendaftaran dan pengumuman dilakukan secara dalam jaringan melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang bisa diunduh di perangkat ponsel pintar dan tidak dikenakan biaya.

Baca juga: UIN Walisongo Semarang terjunkan tim pantau hilal di empat lokasi

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Ulama perempuan telah menjadi penggerak peradaban


Sedangkan UM-PTKIN adalah seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui tes di PTKIN yang dipilih. Peserta UM-PTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023. Untuk pendaftaran UMPTKIN dikenakan biaya.

Saat ini, UIN Walisongo sudah terakreditasi A dan memiliki delapan fakultas, yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Syariah dan Hukum.

Kemudian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, ditambah satu program pascasarjana.

Sebagian besar program studi juga sudah terakreditasi A, seperti Fakultas Syariah dan Hukum memiliki empat program studi, yakni Hukum Keluarga Islam, Hukum Pidana Islam, Hukum ekonomi Syariah, dan Ilmu Falak.

Fakultas Ushuluddin yang memiliki lima program studi juga sama, yakni Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Studi Agama-Agama, Tasawuf dan Psikoterapi, dan Ilmu Seni dan Arsitektur Islam yang semuanya terakreditasi A.

Baca juga: Ulama perempuan jadi benteng pertama tangkal ajaran merusak

Baca juga: Barongsai hingga Kera Sakti meriahkan Pasar Semawis Semarang

Baca juga: Semarang siagakan pompa waspadai rob fase bulan baru

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023