Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi akan menjadi tuan rumah bersama pertemuan daring pada Selasa untuk mendukung sektor energi Ukraina.

Pertemuan itu, yang tertutup bagi pers, juga akan dihadiri oleh para menlu lain dari Kelompok Tujuh (G7) negara dan ekonomi utama dunia dan mitra-mitra pentingnya, kata Departemen Luar Negeri AS, Senin (23/1).

Hayashi mengunjungi Washington pada pertengahan Januari 2023.

Dalam kunjungannya, dia bersama dengan Blinken mengonfirmasi bahwa Jepang dan AS akan memberikan dukungan kuat kepada Ukraina.

Selama pertemuan di Washington, kedua menlu membahas langkah-langkah lanjutan yang akan diambil untuk memperluas bantuan bagi sektor energi Ukraina.

Jepang, yang sekarang memegang presidensi bergilir G7, berencana menjadikan dukungan pada Ukraina melawan agresi Rusia sebagai agenda utama saat menjadi tuan rumah konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 pada Mei di Hiroshima.

Saat para menlu G7 mengadakan pertemuan virtual pada akhir Desember 2022, mereka mengecam Rusia karena menyerang fasilitas energi dan infrastruktur Ukraina.

Para menlu G7 pun sepakat untuk meningkatkan bantuan bagi rakyat Ukraina yang berjuang menghadapi musim dingin yang berat.

Sumber: Kyodo

Baca juga: Jepang kirim 237 generator ke Ukraina pascaserangan Rusia
Baca juga: Eks Presiden Rusia: PM Jepang sebaiknya lakukan harakiri

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023