F1 H20 Toba 2023

Menpora: Juara dunia F1H2O antusias menanti lomba di Danau Toba

Menpora: Juara dunia F1H2O antusias menanti lomba di Danau Toba

Logo gelaran F1Powerboat 2023 yang akan bergulir di Danau Toba, Sumatra Utara pada 24-26 Februari 2023. ANTARA/HO-Kemenpora/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan juara dunia tiga kali secara beruntun F1 powerboat (F1H2O) 2014, 2015, 2016 Philippe Chiappe sangat antusias menyambut seri pembuka musim 2023 di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara.

Bahkan secara khusus, kata Amali, Chiappe meminta izin agar diperkenankan tinggal lebih lama di Danau Toba. "Pemenang F1H2O asal Prancis Chiappe dipastikan tampil. Dia adalah pebalap untuk tim China (CTIC F1 Shenzhen China Team). Bahkan dia meminta untuk tinggal sepekan di Danau Toba usai lomba," ujar Amali dalam Media Gathring F1 Powerboat Lake Toba 2023 secara daring, Selasa.

Selain pemegang tiga gelar juara dunia F1H2O, Chiappe musim 2022 juga sukses memenangi GP Timur Tengah di Sharjah, Uni Emirat Arab pada 11 Desember 2022 lalu.

Amali juga memastikan 18 pebalap top dunia bakal hadir di Danau Toba. Menurutnya, ajang tersebut sangat penting untuk para pebalap mengumpulkan poin perdana F1H2O World Championship 2023.

Baca juga: Menpora harap atlet olahraga air Indonesia lahir usai F1Powerboat 2023

Sekadar informasi, Indonesia, tepatnya Danau Toba menjadi tuan rumah perdana dari rangkaian seri F1H2O untuk musim 2023. "Bahkan mungkin bisa bertambah menjadi 20-an pebalap yang tampil di sana (Danau Toba)," ujar Amali menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Amali juga menyampaikan persiapan Danau Toba sebagai tuan rumah. "Secara teknis sudah dalam kondisi siap. Pekan lalu, saya sudah tinjau. Mulai dari arena lomba dan lainnya. Saya tidak khawatir karena persiapan dipandu langsung oleh federasi internasionalnya," kata Amali.

Danau Toba diyakini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan pada 2023 karena salah satu destinasi pariwisata super prioritas Indonesia itu menjadi tuan rumah F1 Powerboat.

Amali menyebut latar belakang Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap air bergengsi tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong memulihkan kembali pertumbuhan ekonomi usai pandemi COVID-19 melalui kegiatan pariwisata dan olahraga.

"Ajang ini juga dilaksanakan di daerah wisata sekaligus untuk mendorong Danau Toba sebagai wisata super prioritas. Federasi internasional olahraga ini yang memilih Danau Toba sebagai lokasi lomba. Saya pikir ini adalah lokasi terbaik," pungkas Amali.

Baca juga: Sandiaga pastikan Toba siap jadi tuan rumah lomba speed boat dunia
Baca juga: Pariwisata Danau Toba menggeliat sambut gelaran F1 Powerboat 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar