sudah mengajukan dosis vaksin ke Pemprov sebanyak 500 vial
Tangerang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten kini sudah mulai membuka layanan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua bagi masyarakat umum di seluruh fasilitas kesehatan (faskes) setempat.

"Minggu kemarin kita sudah menerima SE dari Kemenkes RI, tinggal masyarakat yang sudah memiliki tiket melalui aplikasi PeduliLindungi itu sudah bisa kita vaksin di seluruh Puskesmas dan RSUD," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hnedra Tarmizi di Tangerang, Selasa.

Ia menerangkan bahwa setiap Puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) yang ada di Kabupaten Tangerang saat ini sudah disiapkan untuk melayani dan melaksanakan vaksinasi dosis penguat kedua bagi masyarakat.

"Jadi masyarakat bisa melaksanakannya di seluruh Puskesmas dan rumah sakit daerah yang ada," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 booster kedua merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster kedua bagi Kelompok Masyarakat Umum.

Baca juga: Kabupaten Tangerang terima 12 ribu dosis vaksin COVID-19 jenis Pfizer
Baca juga: Pemkab Tangerang sasar 11.300 nakes terima vaksin booster kedua

Ia juga menyebutkan, untuk jenis vaksin booster keempat akan disiapkan dengan menyesuaikan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada booster pertama atau dosis ketiga. Seperti contohnya, jika penerimaan vaksin COVID-19 Astra Zeneca pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer atau Moderna.

Sedangkan, masyarakat yang menerima vaksin COVID-19 Sinovac pada vaksinasi booster pertama dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Zifivax, Indovacatau Navac.

"Jadi nantinya tinggal menyesuaikan dengan penerimaan dosis vaksin sebelumnya, tapi pada umumnya jenis vaksin itu bisa dipakai booster," ujarnya.

Kemudian, ia menambahkan, sebagai bentuk kesiapan dalam melayani vaksinasi booster kepada masyarakat, Pemkab Tangerang telah mengajukan penambahan sebanyak 500 vial dosis vaksinasi ke Pemerintah Provinsi Banten.

"Kita sudah mengajukan dosis vaksin ke Pemprov sebanyak 500 vial. Tapi sampai saat ini kita belum dapat/belum menerima tambahan dosis vaksinasi ini, tinggal mengandalkan dosis yang tersisa sebanyak 30 vial dosis," ungkapnya.

Baca juga: 584.992 warga Kabupaten Tangerang telah terima vaksinasi penguat
Baca juga: Selama PTM, Satgas Tangerang ingatkan sekolah perketat prokes

Sementara, untuk capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama bagi masyarakat umum di Kabupaten Tangerang kini tercatat ada 80 persen atau sebanyak 2.282.636 jiwa dengan target sasaran yaitu 2.8 juta jiwa lebih.

Selanjutnya, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk masyarakat umum kini telah mencapai 1.9 juta jiwa atau setara dengan angka 68 persen. Kemudian, capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia), dosis ke satunya mencapai 117.7 persen atau sebanyak 163.298 jiwa dan dosis dua 84.3 persen atau sebanyak 116.991 jiwa.

Sedangkan, lanjut dia, capaian vaksinasi dosis kesatu dan kedua bagi anak usia enam sampai 11 tahun kini telah mencapai 90.3 persen untuk dosis kesatu, sedangkan untuk dosis keduanya sebanyak 75.3 persen.

"Kelompok anak usia 6-11 tahun saat ini sudah mencapai 304.448 jiwa untuk dosis pertama, dan untuk kedua sebanyak 254.128 jiwa," kata dia.

Baca juga: Dinkes Semarang buka vaksinasi booster kedua untuk umum

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023