Medan (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menekankan pentingnya Indonesia menjadi tuan rumah yang baik pada pelaksanaan F1Powerboat 2023 Lake Toba 24-26 Februari 2023.

"F1Powerboat 2023 adalah kebanggaan dan ini pengalaman pertama bagi kita. Kesuksesannya sangat penting bagi kita untuk even selanjutnya," katanya saat media gathering melalui zoom meeting, Selasa.

Ia mengatakan F1Powerboat Lake Toba 2023 yang melibatkan lintas kementerian dan lembaga, sampai saat ini persiapan terus dikebut, termasuk menyiapkan venue, tribun penonton dan fasilitas lainnya.

"Even ini dilaksanakan di daerah pariwisata yang tentunya bertujuan sekaligus untuk mendorong wisata agar terus maju khususnya di daerah super prioritas seperti halnya di danau Toba.

F1Powerboat 2023 akan diikuti peserta dari sejumlah negara, dan Toba sendiri akan menjadi seri pembuka F1Powerboat. Oleh karenanya Menpora ingin semua yang datang ke Toba harus disambut dengan baik.

"Banyak pebalap dan tim dari negara-negara luar yang akan datang ke Danau Toba untuk melihat acara ini. Saya ingin kita nanti bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa memberikan kenyamanan buat para peserta," katanya.

Baca juga: Menpora: Juara dunia F1H2O antusias menanti lomba di Danau Toba
Baca juga: Pariwisata Danau Toba menggeliat sambut gelaran F1 Powerboat 2023


Ia menyampaikan latar belakang digelarnya F1Powerboat Lake Toba 2023 tersebut sesuai arahan presiden menyusul pandemi COVID-19 yang menyebabkan perekonomian merosot. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mendorong dan memulihkan kembali perekonomian, salah satunya melalui pariwisata dan olah raga.

"F1Powerboat Lake Toba 2023 ini akan disaksikan jutaan penonton melalui berbagai media maupun menyaksikan langsung. Ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan pariwisata kita. Insya Allah nanti akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Sementara Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan sudah menjadi tugas bersama untuk menyukseskan kegiatan berskala internasional tersebut.

Untuk itu berbagai persiapan juga terus dimatangkan termasuk penyediaan infrastruktur komunikasi yang dikoordinasikan dengan operator seluler agar komunikasi penyelenggaraan kegiatan berjalan lancar.

"Dari sisi komunikasi publik, kami bertugas mengkomunikasikan dengan semua pihak untuk menyebarluaskan ke masyarakat. Kita akan menyiapkan media center dan sejumlah fasilitas lainnya untuk memudahkan teman-teman media untuk melakukan peliputan," katanya.

Baca juga: Menpora harap atlet olahraga air Indonesia lahir usai F1Powerboat 2023
Baca juga: Luhut targetkan lokasi balap perahu cepat F1H2O siap Februari 2023

Pewarta: Juraidi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023