Jakarta (ANTARA) - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan DTO Space sebagai markas bagi tim percepatan transformasi digital kesehatan, Digital Transformation Office (DTO), di kompleks Kementerian Kesehatan, Jakarta.

"DTO memiliki peranan penting dalam mewujudkan pilar keenam transformasi kesehatan, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Semoga DTO Space dapat menjadi ruang kerja yang memadai dalam mewujudkan misi tersebut,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

DTO Space merupakan nama yang dipilih untuk menyebut ruang kerja Tim DTO yang berlokasi di Gedung Prof Sujudi Kemenkes RI, dengan merenovasi dan memanfaatkan fasilitas ruangan yang ada di wilayah perkantoran Kementerian Kesehatan di Rasuna Said.

Baca juga: Kemenkes siapkan trainer jelang integrasi rekam medis elektronik

Budi memberikan selamat atas tersedianya fasilitas baru, sekaligus apresiasi kepada Tim DTO yang telah menghadirkan berbagai inovasi di masa pandemi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi demi mengoptimalisasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Budi berharap hadirnya kantor berkonsep open space ini dapat menciptakan ruang kerja yang nyaman demi percepatan pengembangan inovasi teknologi dan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, serta menghadapi tantangan kesehatan global di masa depan.

Menkes menjelaskan, misi transformasi digital kesehatan tersebut telah dimulai dengan hadirnya platform standardisasi dan integrasi data kesehatan individu antarfasyankes dalam bentuk rekam medis elektronik (RME) bernama SatuSehat.

Baca juga: Kemenkes fasilitasi puskesmas untuk terapkan rekam medis elektronik

Platform itu menjadi bagian dari arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) nasional untuk menghasilkan layanan publik yang terintegrasi di bidang kesehatan sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 132 Tahun 2022.

“Bersama Ditjen Yankes, Pusdatin-DTO berperan dalam pelaksanaan teknis pengembangan platform SatuSehat. Hal ini selaras dengan visi pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan dan layanan berbasis elektronik,” katanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara yang dihelat Jumat (20/1), juga menyampaikan selamat atas fasilitas baru yang ditempati oleh Tim DTO, serta mengapresiasi atas upaya Tim DTO yang turut mewujudkan arsitektur SPBE nasional.

Baca juga: Kemenkes: Rekam medis elektronik wajib diterapkan maksimal tahun 2023

“Apa yang telah dilakukan Kemenkes RI merupakan bagian dari upaya penguatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, dan saya apresiasi sebesar-besarnya atas inisiasi integrasi data kesehatan individu dengan hadirnya platform SatuSehat,” katanya.

Anas mengatakan Kementerian PANRB mendukung penuh upaya yang telah dilakukan oleh Kemenkes. “Tentunya, kolaborasi ini sangat baik. Dengan digitalisasi, tata kelola maupun pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat lebih efisien dan mudah dijangkau oleh masyarakat,” katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023