Menpora berharap mulai dari masyarakat, tokoh-tokoh agama dan adat, hingga semua elemen yang ada turut membantu dan menyuseskan ajang internasional yang akan di diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023
Medan (ANTARA) - Menpora, Zainudin Amali menyatakan ajang balapan bergengsi F1 Powerboat World Championship atau F1 H20 Toba 2023 diyakini mendongkrak sektor pariwisata Indonesia di mata dunia, juga akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Saya perlu sampaikan bahwa arahan Presiden Joko Widodo setelah kita dilanda oleh pandemi COVID-19, harus ada upaya-upaya untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan desain olahraga seperti F1 H20 ini," kata Menpora saat media gathering secara daring melalui zoom meeting, yang diikuti di Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Menpora berharap mulai dari masyarakat, tokoh-tokoh agama dan adat, hingga semua elemen yang ada di wilayah Danau Toba turut membantu dan menyuseskan ajang internasional yang akan di diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023 tersebut.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat dan pengusaha yang ada di sana ikut bantu kesuksesan F1 H2O Toba 2023," katanya.

Menpora mengemukakan jika 2023 akan menjadi tahun dengan banyak kegiatan olahraga, salah satunya yang juga menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20.

Kegiatan-kegiatan tersebut, kata dia, menunjukkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan bertaraf internasional

" Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan olahraga internasional tentu akan turut meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, " katanya.

Pada kesempatan tersebut Menpora secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang turut masif membantu sosialisasi F1 H2O Toba 2023.

"Terima kasih kepada Kemkominfo yang telah membantu menyebarluaskan informasi kegiatan F1 H2O kepada masyarakat khususnya kepada teman-teman media dan jurnalis internasional,” demikian Zainudin Amali.

Baca juga: Menpora menekankan pentingnya kesuksesan F1Powerboat 2023

Baca juga: Persiapan F1 Powerboat di Danau Toba sudah mencapai 70 persen

Baca juga: Kemenhub menyiapkan sarana infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan F1H20 di Toba

Baca juga: Luhut berharap lomba F1 H2O akan meningkatkan indeks pariwisata Danau Toba

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023