Sudinkes Jaksel siapkan ribuan vaksin dosis keempat seluruh puskesmas

Sudinkes Jaksel siapkan ribuan vaksin dosis keempat seluruh puskesmas

Arsip petugas medis menyuntikkan vaksinasi COVID-19 di salah satu pos vaksinasi bersama di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (14/7/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

sudah disebar ke 10 puskesmas kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menyiapkan ribuan vaksin COVID-19 dosis keempat atau booster kedua di seluruh puskesmas kecamatan untuk menekan penyebaran penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini.

"Total dosis sebanyak 1.469 vial Pfizer yang sudah disebar ke 10 puskesmas kecamatan di Jakarta Selatan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Jhonson Hotsar saat dihubungi, di Jakarta, Rabu.

Jhonson mengatakan dosis ribuan vial tersebut setara dengan kebutuhan 17.628 dosis booster kedua.

Dia menambahkan jumlah ini dipastikan cukup untuk diberikan kepada masyarakat dalam waktu yang ditentukan.

Menurut Jhonson, untuk jenis vaksin lainnya masih menunggu penetapan dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Selatan menggencarkan layanan vaksin dosis keempat atau booster kedua untuk masyarakat berlokasi di kantor Wali Kota pada Selasa siang.

"Kuota booster kedua maksimal 300 dosis vaksin per hari dengan vaksinator (tenaga vaksin) dari Puskesmas Kebayoran Baru, Palang Merah Indonesia, dan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati, di Jakarta.

Yudi menjelaskan layanan vaksin booster kedua ini berlangsung pada 24 hingga 27 Januari 2022 pukul 13.00 sampai 15.00 WIB.

Menurut Yudi, kegiatan ini dilakukan usai tenaga kesehatan terlebih dahulu menerima booster kedua kemudian dilanjutkan kepada masyarakat secara serentak.

"Vaksinasi ini bertujuan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga masyarakat bisa sehat dan terhindar dari virus COVID-19," jelasnya.

Yudi menambahkan layanan vaksinasi booster kedua ini dilakukan serentak di kantor Wali Kota dan seluruh puskesmas di wilayah Jakarta Selatan.

Untuk mengakses vaksinasi booster kedua tersebut, peserta cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat untuk pencatatan.
Baca juga: Dinkes DKI tetap kencangkan surveilans masa transisi COVID-19
Baca juga: Dinkes DKI buka 70 lokasi vaksinasi akhir pekan
Baca juga: Dinkes DKI buka layanan vaksinasi COVID-19 di gereja


Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar