Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyiagakan pasokan listrik berlapis dan personel siaga untuk mensukseskan kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

Terkait hal tersebut, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Utara menyulap kelistrikan Kabupaten Toba dengan membangun penyulang baru. Penyulang tambahan ini sebagai 'backup" kedua dari sistem penyulang pertama. Tambahan infrastruktur itu ditargetkan mulai beroperasi pada Februari 2023.

"PLN sedang mempersiapkan infrastruktur ketenagalistrikan di Kabupaten Toba tempat pelaksanaan kejuaraan balap perahu super cepat. Saat ini Kawasan Balige di-'supply' infrastruktur ketenagalistrikan andal dan tambahan infrastruktur ditargetkan rampung pada 17 Februari 2023," kata General Manager UID Sumatera Utara Tonny Bellamy dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia juga menyampaikan kebutuhan daya selama kejuaraan tersebut akan meningkat dari biasanya dengan perkiraan kebutuhan daya akan mencapai 430 kVA. Ia juga menargetkan seluruh pekerjaan infrastruktur ketenagalistrikan di lokasi F1H2O akan rampung pada 17 Februari 2023.

"Tidak hanya mempersiapkan 'supply' infrastruktur ketenagalistrikan, lokasi 'venue' PLN juga akan melaksanakan berbagai simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi 'venue'. Hal ini berguna untuk memastikan seluruh infrastruktur ketenagalistrikan berjalan dengan baik kejuaraan F1H2O tidak luput dari fokus utama PLN," ujarnya.

Di lokasi tersebut, PLN telah mempersiapkan pengamanan berlapis, di antaranya pemasangan "Load Break Switch (LBS) Three Ways" sebanyak satu unit, pemasangan trafo khusus sebanyak empat unit, pemasangan "Automatic Changes Over" (ACOS Tegangan Rendah) sebanyak empat unit.

Kemudian, pemasangan "Uninterruptible Power Supply" (UPS) sebanyak empat unit dan penyediaan "genset mobile" sebanyak empat unit.

"Nantinya, kami melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sibolga akan melakukan berbagai simulasi untuk memastikan sistem pengamanan ketenagalistrikan berjalan dengan baik dan melakukan gladi bersih paling lambat 20 Februari 2023", ucap Tonny.

Baca juga: Danau Toba jadi tuan rumah F1 Powerboat hingga 2027

Baca juga: F1 Powerboat di Danau Toba memiliki rute terunik di dunia

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023