Bengaluru (ANTARA) - FTSE 100 Inggris dibuka lebih tinggi pada Rabu, didorong oleh pembaruan laporan laba yang positif dari perusahaan asuransi Aviva, meskipun kekhawatiran tentang prospek ekonomi Inggris yang suram dan kenaikan suku bunga membebani sentimen keseluruhan.

Indeks saham-saham acuan FTSE 100 naik tipis 0,2 persen pada puku 08.09 GMT, mencerminkan suasana hati-hati di seluruh pasar Eropa.

Aviva terangkat 1,8 persen setelah perusahaan asuransi itu mempertahankan panduan dividen dan prospek pengembalian modal karena melaporkan hasil akhir positif untuk perdagangan tahun ini di unit asuransi umumnya.

Saham maskapai penerbangan juga terangkat setelah EasyJet mengatakan diperkirakan akan mengalahkan ekspektasi pasar saat ini untuk tahun 2023 berdasarkan kekuatan pemesanan hingga musim panas, dan ditetapkan untuk memberikan keuntungan setahun penuh. EasyJet melonjak 6,6 persen, sementara Wizz Air bertambah 4,7 persen.

Indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 naik tipis 0,1 persen.

Membatasi kenaikan lebih lanjut di pasar, peramal ekonomi resmi Inggris telah mengatakan kepada pemerintah bahwa mereka terlalu melebih-lebihkan prospek pertumbuhan jangka menengah dan berniat untuk merevisi prospeknya, surat kabar Times melaporkan.

Baca juga: Saham Inggris dibuka turun, Indeks FTSE 100 tertekan ekuitas tambang

Baca juga: Indeks FTSE 100 Inggris dibuka naik ke level tertinggi sejak Mei 2018

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023