Jakarta (ANTARA) - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk menandatangani pakta integritas terhadap pengamanan proyek strategis nasional yakni pembangunan jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga.

Penandatanganan pakta integritas disaksikan Direktur D (Pengamanan Pembangunan Strategis) Kejaksaan Agung Hari Setiyono, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani, dan Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Achmad Muchtasyar, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, menjelaskan pakta integritas ini menjadi petunjuk teknis pelaksanaan pengamanan pembangunan strategis (PPS) terhadap proyek pembangunan di berbagai daerah di antaranya Kota Cilegon, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Jakarta Barat, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Timur, Kota Bandar Lampung, Karawang, Cirebon, Bogor, dan Bekasi.

PGN sebagai pelaksana pembangunan jargas, bekerja secara profesional, proporsional, transparan, objektif, dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Kejaksaan Agung akan mengawasi dan mengawal pengerjaan proyek strategis jargas untuk rumah tangga itu.

Menurut Achmad, dukungan Kejaksaan Agung diharapkan dapat membantu tercapainya target sesuai tujuan pembangunan.

"Kejaksaan Agung dan PGN melakukan upaya preventif terhadap potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan pada proyek jargas mencakup soal perizinan ataupun intervensi dari pihak-pihak tertentu untuk memperoleh keuntungan pribadi," katanya.

Pada 2023, PGN membangun jargas sebanyak 400.000 sambungan rumah (SR) di seluruh Indonesia.

Pembangunan ini melanjutkan pembangunan jargas menggunakan dana investasi internal PGN, yang kelancarannya membutuhkan dukungan baik dari masyarakat maupun pemerintah.

"Secara teknis di lapangan, pembangunan infrastruktur jargas melewati lahan terbuka maupun melintasi pekarangan milik masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi yang intens dan smooth antara PGN dengan pemerintah daerah terkait izin pemanfaatan lahan. Kami pun membangun komunikasi dengan masyarakat maupun LSM untuk menyamakan visi untuk mendukung pembangunan jargas," jelas Achmad.

PGN juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun pihak ketiga yang terdampak sehubungan dengan pembangunan jaringan pipa gas bumi maupun jargas untuk rumah tangga.

Kegiatan komunikasi PGN dengan masyarakat sekitar diharapkan dapat mengantisipasi potensi gangguan yang dapat menghambat pembangunan jargas.

"Semangat pembangunan jargas untuk rumah tangga diwujudkan dengan memaksimalkan penyediaan pasokan dan infrastruktur mulai dari pipa distribusi, MRS, hingga meteran gas yang mengukur penggunaan gas pada tiap pelanggan," ujarnya.

Achmad melanjutkan pakta integritas pengamanan pembangunan strategis ini sangat penting mengingat banyaknya aset dan jasa yang digunakan dalam pembangunan jargas.

Ia pun memastikan seluruh pihak terlibat baik di PGN Grup maupun mitra dalam pembangunan jargas, akan menjunjung tinggi transparansi, sehingga terhindar dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca juga: Subholding Gas Pertamina uji coba truk dengan bahan bakar LNG

Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina tambah tiga pelanggan industri

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023