Jakarta (ANTARA) - Masyarakat China dengan gembira merayakan liburan festival Musim Semi bersama keluarga mereka di tengah optimalisasi respons COVID-19 di negara tersebut. 

Pada Desember 2022, China mengumumkan 10 langkah baru untuk mencabut pembatasan COVID-19. Wu Yating, yang tinggal di Provinsi Shanxi, China utara, kemudian memutuskan untuk berkumpul kembali dengan suaminya di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Dua pekan sebelum Festival Musim Semi, Wu bersama anaknya yang berusia dua tahun tiba di daerah perbatasan di Kota Jingxi, Baise, setelah melakukan perjalanan dengan pesawat dan mobil. Suami Wu adalah seorang polisi di kantor polisi perbatasan. Banyak daerah perbatasan di China menerapkan kontrol COVID-19 yang lebih ketat.

"Kami tidak perlu lagi menunjukkan kode perjalanan digital kami dan khawatir akan dikarantina," kata Wu, menambahkan bahwa keluarganya tidak dapat menghabiskan Festival Musim Semi bersama sejak anak mereka lahir pada Juni 2020.

Wu menuturkan bahwa dia berencana untuk tinggal di Guangxi selama beberapa bulan lagi untuk berkeliling, melihat pemandangan yang indah, dan mencicipi makanan lokal yang lezat.

"Kami belum pernah terinfeksi COVID-19, tetapi kami tidak takut virus itu karena kami semua sudah divaksinasi dan obat dapat dibeli di apotek kapan saja," imbuhnya.

Sebagai tujuan pariwisata favorit, Kota Chongqing di China barat daya, yang juga dikenal sebagai rumah hotpot, mencatat kunjungan wisatawan dalam jumlah besar selama liburan Festival Musim Semi.

Bagi Guo Zhenqian (24), dari Kota Nanyang di Provinsi Henan, ini kali kedua dia menghabiskan liburan Festival Musim Semi di Chongqing. Baginya, pengalaman kali ini benar-benar berbeda.

"Pada 2017, kami berkendara hampir 12 jam dari Nanyang ke Chongqing. Namun, kali ini kami menggunakan kereta cepat dan mencapai Distrik Wanzhou di Chongqing dalam waktu kurang dari tiga jam," kata Guo.

Layanan kereta cepat yang digunakan Guo dibuka pada Juni 2022 dan menghubungkan Chongqing dengan Zhengzhou, ibu kota Henan. Waktu tempuh antara kedua kota itu menjadi lebih singkat, dari semula sekitar 8 jam menjadi 4 jam 23 menit dengan kecepatan maksimum.

Berkat jaringan kereta cepat baru itu dan optimalisasi langkah-langkah respons COVID-19 China, Guo mendapatkan kesempatan untuk memperluas peta jalan pariwisatanya yang mencakup resor ski di wilayah Fengdu, sebuah kota wisata bertema di Distrik Fuling, dan area Bendungan Tiga Ngarai.

"Dengan moda transportasi yang nyaman seperti itu, saya hanya ingin memanfaatkannya secara maksimal dan melihat lebih banyak pemandangan. Dan saya pikir banyak orang memiliki ide yang sama dengan saya. Kereta yang saya naiki penuh dengan orang-orang yang ingin melakukan perjalanan di Chongqing, yang memiliki pemandangan pegunungan sangat berbeda dari China tengah," imbuh Guo.

Liu Lu dan keluarganya yang berasal dari Beijing akan berlibur selama sebulan di Haikou, ibu kota Hainan, sebuah provinsi pulau di China selatan dan tujuan favorit wisatawan.

Haikou, serta Kota Sanya di Hainan, termasuk di antara 10 tujuan domestik teratas untuk liburan Festival Musim Semi, menurut laporan perkiraan pasar pariwisata yang dirilis pada awal Januari.

"Kami mencoba melepaskan diri dari kesibukan di Beijing dan menikmati kenyamanan dan relaksasi di sini," kata Liu.

Wu Lan, seorang wisatawan dari Provinsi Shaanxi di China barat laut, berkunjung ke Hainan bersama keluarganya.

"Wisatawan ada di mana-mana. Kami mengenakan masker untuk melindungi diri ke mana pun kami pergi," tuturnya, menambahkan bahwa dirinya membeli banyak kosmetik di toko bebas bea dan menikmati makanan lokal. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023