Masih jauh dari yang diharapkan
Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mendata hingga Selasa (24/1), sebanyak 3.100 masyarakat umum berusia di atas 18 tahun telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis empat (booster kedua). 

"Masih jauh dari yang diharapkan," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama di Jakarta, Rabu.

Dengan capaian itu, sebanyak 179 ribu warga DKI Jakarta sudah mendapatkan vaksinasi dosis empat, termasuk warga lanjut usia dan tenaga kesehatan.

Ia menjelaskan diperkirakan beberapa peserta sudah mendapat suntikan dosis keempat lebih dahulu, namun belum masuk ke sistem karena belum ada tiket dosis empat sehingga belum bisa diinput petugas.

Baca juga: Ratusan masyarakat antusias ikut vaksinasi dosis empat di Balai Kota

"Kami akan segera input jika tiket keempat sudah keluar agar masyarakat bisa mengunduh sertifikat vaksin keempat di PeduliLindungi," katanya.

Pihaknya mengimbau pimpinan perusahaan dan kantor mendorong karyawan dan keluarganya untuk vaksinasi terutama warga lanjut usia, orang komorbid berusia di atas 30 tahun.

"Selagi vaksinasi COVID-19 gratis dan ada ketersediaannya, masyarakat dapat segera mengunjungi lokasi vaksinasi terdekat di puskesmas atau RSUD," ucapnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyediakan total sekitar 60 ribu dosis vaksin COVID-19 per hari di 300 lokasi atau 200 vaksin per satu lokasi untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi dosis keempat.

Baca juga: Dinkes DKI adakan gebyar vaksinasi COVID-19 dosis keempat

Untuk mengakses vaksinasi dosis keempat itu, Nabila menjelaskan masyarakat cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) seluruh Indonesia untuk pencatatan.

Dinkes DKI Jakarta menyediakan sekitar 300 layanan vaksinasi per hari setiap Senin-Minggu dan bahkan sore dan malam hari pukul 16.00-20.00 WIB pada Senin-Jumat di 44 puskesmas kecamatan.

Sebaran 300 lokasi vaksinasi itu tersebar di puskesmas dan dapat diamati salah satunya melalui akun media sosial Instagram Dinas Kesehatan DKI yakni di @dinkesdki.

Dinkes DKI juga mengadakan gebyar vaksinasi dosis keempat kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum usia 18 tahun ke atas mulai Selasa 24 Januari hingga Jumat 27 Januari 2023.

Baca juga: DKI akselerasi vaksinasi dosis empat lansia dan nakes

Vaksinasi COVID-19 tersebut diadakan mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB dengan vaksin merek Pfizer dan Zifivax di Balai Kota Jakarta, Kantor Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu di gedung Mitra Praja Tanjung Priok dan lima kantor wali kota DKI Jakarta.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023