Nantinya peluncuran KEN 2023 akan dikemas dalam bentuk festival dimana ada showcasing kekayaan budaya
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengupayakan agar ekonomi kembali menggeliat, salah satunya melalui program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada Sabtu (28/1).
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan tahun ini KEN kembali merangkum 110 pertunjukan unggulan yang telah terkurasi dari 291 pertunjukan usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia, proses kurasi KEN 2023 sendiri telah dilakukan pada November-Desember 2022 oleh tim kurator.

"Nantinya peluncuran KEN 2023 akan dikemas dalam bentuk festival dimana ada showcasing kekayaan budaya dan pertunjukan nusantara serta mempromosikan KEN secara lebih luas kepada masyarakat dengan semangat Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI),” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Adapun, dalam peluncuran KEN 2023 terdapat enam area aktivasi interaktif yang merupakan hasil kolaborasi dengan daerah, asosiasi, dan komunitas. Mulai dari penampilan seni dan budaya, experience mini event, workshop kriya dan demo masak, berkarya daur ulang, hingga pameran produk UMKM (kuliner, kriya, dan fesyen).

Selain itu, juga akan dimeriahkan oleh sejumlah pegiat seni dan seniman musik yang berasal dari berbagai daerah.

“Saya berharap para kepala daerah dapat hadir di acara peluncuran ini dan juga terus meningkatkan kualitas dari kegiatannya menjadi daya tarik wisata di daerah. Seperti di Bali yang sangat epik dan fenomenal adalah PKB (Pesta Kesenian Bali) dan juga beberapa pertunjukan yang sudah bertingkat internasional. Sehingga dapat menjadi daya tarik wisata baru membuka peluang usaha dan menggeliatkan ekonomi,” kata Menparekraf.

Baca juga: KEN 2023 dimeriahkan 110 kegiatan dari budaya hingga pameran UMKM

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023