Jakarta Timur berencana jadi Kota Budidaya Mangga

Jakarta Timur berencana jadi Kota Budidaya Mangga

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Jakarta Utara Unang Rustanto (Kiri) didampingi Lurah Rorotan Idham Mugabe (Kanan) di depan pohon mangga Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sukapura di Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (4/6/2021). ANTARA/Abdu Faisal

kita inginkan Kota Jakarta Timur sebagai Kota Mangga
Jakarta (ANTARA) - Kota Administratif Jakarta Timur berencana menjadi salah kota pembudidaya mangga, menyusul keberhasilan dan kemampuan wilayah ini dalam budidaya anggur dengan memanfaatkan lahan di 10 kecamatan daerah itu.

"Hasil dari rapat, kita inginkan Kota Jakarta Timur sebagai Kota Mangga, ini menjadi keseriusan kita bersama. Sebab sebelumnya kita mampu budidaya anggur dengan pemanfaatan lahan di 10 Kecamatan," kata Sekretaris Kota Jakarta Timur Fredy Setiawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu. 

Fredy mengakui bahwa rencana itu tercetus dalam rapat tindak lanjut dukungan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) PT Kahaptex dalam rangka penghijauan di lingkungan Kota Jakarta Timur di Kantor Wali Kota.

Dia menjelaskan, rencana itu timbul karena kontur dan kondisi tanah di Jakarta Timur sepertinya lebih lebih cocok dengan tanaman produktif jenis mangga.

Oleh karena itu, dia meminta para lurah dan camat dapat berkoordinasi dan memanfaatkan kerja sama ini sebaik-baiknya.

"Dengan adanya kerja sama bersama ini, tentunya akan kita lakukan penanaman pohon mangga di perkarangan rumah rumah warga di seluruh Kota Jakarta Timur," katanya.

Kemudian, tegasnya, akan melakukan pengawasan dan evaluasi sehingga kerja sama itu dapat bermanfaat besar bagi warga, selain penghijauan juga sebagai ketahanan pangan.

Pemkot Jaktim sendiri akan menanam sebanyak 100 ribu pohon pada Februari 2023 dalam rangka penghijauan.

Baca juga: Pemkot Jakarta Timur akan tanam 100 ribu pohon
Baca juga: Pemkot Jakut ajak masyarakat aktif tanam pohon
Baca juga: Pemprov DKI Jakarta tanam ribuan pohon di kolong Tol Becakayu

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar