Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa terjadi di wilayah DKI Jakarta pada Rabu (25/1), antara lain PT MRT Jakarta (Perseroda) targetkan jumlah penumpang harian tahun ini mencapai 70 ribu orang.

Selain itu ojek "online" (ojol) akan dikenakan tarif pada sistem jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ERP) mengacu pada UU Lalu Lintas, hingga DKI minta galian di jalan protokol disetop sementara menjelang KTT ASEAN.

Selain itu, terdapat berita lainnya yang masih menarik untuk disimak pada pagi ini. Berikut adalah rangkumannya:

MRT targetkan jumlah penumpang harian tahun ini capai 70 ribu orang

PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan jumlah penumpang harian pada 2023 mencapai rata-rata 70 ribu orang atau meningkat dibandingkan realisasi 2022 sebesar 53 ribu orang.

"Tahun ini target kami, diminta oleh Pemprov DKI capai 70 ribu penumpang per hari. Kalau tidak ada gangguan berarti, kami yakin bisa tercapai," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam acara Forum Jurnalis MRT di Jakarta, Rabu
Baca selengkapnya di sini

Dishub DKI mengacu UU Lalu Lintas untuk kenakan ERP pada ojol

Dinas Perhubungan DKI tetap mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk mengenakan jalan berbayar elektronik (electronic road pricing/ ERP) kepada ojek online (ojol).

“Kami tetap mengacu kepada UU Nomor 22 tahun 2009,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di gedung DPRD DKI, Rabu.
Baca selengkapnya di sini

Lemkapi: Kemenkeu-Kejagung belum sepenuhnya dukung tilang elektronik

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung belum sepenuhnya mendukung tilang elektronik (ETLE) yang dilakukan Polri.

"Kementerian Keuangan dan Kejaksaan Agung masih setengah hati mendukung penerapan kebijakan tilang elektronik, padahal khan bisa menjadi pemasukan negara triliunan rupiah setiap bulan," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
Baca selengkapnya di sini

DKI minta galian di jalan protokol disetop sementara jelang KTT ASEAN

Dinas Bina Marga DKI Jakarta meminta para kontraktor menghentikan sementara proyek galian di sejumlah jalan protokol di Ibu Kota menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada September 2023.

“Gali menggali itu mungkin bisa bulan ini sampai bulan depan tapi nanti menuju September tidak ada lagi galian,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho di Jakarta, Rabu.
Baca selengkapnya di sini

Satpol PP Jakbar sita 70 barang PKL kota Tua sejak awal Januari

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat telah menyita 70 gerobak dan peralatan berjualan milik Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Tua sejak awal Januari 2023.

"Dari awal Januari hingga sekarang total ada 70 yang kita sita. Itu terdiri dari gerobak dan sebagainya," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat, Agus Irwanto, saat ditemui di Kota Tua, Rabu.
Baca selengkapnya di sini
 

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023