Singapura (ANTARA) - Dolar merosot mendekati level terendah delapan bulan terhadap mata uang utama lainnya di awal sesi Asia pada Kamis pagi, karena musim laporan keuangan perusahaan AS yang suram memicu kekhawatiran resesi dan para pedagang tetap waspada menjelang serangkaian pertemuan bank sentral minggu depan.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, terakhir bertahan di 101,53, melemah di dekat palung delapan bulan minggu lalu di 101,51.

Perdagangan tipis pada Kamis, dengan Australia tutup untuk liburan dan beberapa bagian Asia masih menikmati Tahun Baru Imlek.

Laba yang suram dan panduan dari perusahaan AS dan serangkaian PHK sektor teknologi telah memperdalam kekhawatiran akan penurunan ekonomi di Amerika Serikat, membuat investor mengurangi ekspektasi tentang berapa lama lagi Federal Reserve perlu menaikkan suku bunga secara agresif.

"Sekarang ada tanda-tanda ekonomi AS mungkin melambat dengan cara yang lebih berarti," kata ekonom di Wells Fargo.

"Dengan The Fed tidak lagi memimpin kenaikan suku bunga dan tren ekonomi AS yang akan memburuk, kami sekarang yakin dolar AS telah memasuki periode depresiasi terhadap sebagian besar mata uang asing."

Komite penetapan kebijakan The Fed akan memulai pertemuan dua hari minggu depan, dan pasar memperkirakan kenaikan suku bunga 25 basis poin, turun dari kenaikan 50 basis poin dan 75 basis poin yang terlihat tahun lalu.

Pasar memperkirakan pembuat kebijakan di Bank Sentral Inggris (BoE) dan Bank Sentral Eropa (ECB), yang juga akan bertemu minggu depan, untuk memberikan kenaikan suku bunga 50 basis poin. ECB terlihat kemungkinan besar akan tetap hawkish.

Sterling terakhir 0,12 persen lebih tinggi pada 1,2415 dolar, sementara euro naik 0,05 persen menjadi 1,0920 dolar, mendekati level tertinggi sembilan bulan di 1,0927 dolar yang dicapai pada Senin (23/1/2023).

"Euro menarik banyak perhatian," kata Jarrod Kerr, kepala ekonom di Kiwibank. Zona euro "mengalami musim dingin yang menguntungkan .... Krisis energi yang diperkirakan orang belum terjadi."

Di tempat lain, dolar Kanada terakhir diperdagangkan pada 1,3393 per dolar AS setelah bank sentralnya pada Rabu (25/1/2023) menaikkan suku bunga utamanya menjadi 4,5 persen, tetapi menjadi bank sentral besar pertama yang melawan inflasi global yang mengatakan kemungkinan akan menahan kenaikan lebih lanjut untuk saat ini.

Aussie naik 0,06 persen menjadi 0,7107 dolar AS, setelah melompat 0,8 persen pada Rabu (25/1/2023) menyusul data mengejutkan yang menunjukkan inflasi Australia melonjak ke level tertinggi 33 tahun pada kuartal terakhir, memperkuat kasus bank sentral Australia untuk menaikkan suku bunga lagi bulan depan.

Kiwi stabil di 0,6480 dolar AS, setelah merosot 0,43 persen di sesi sebelumnya setelah inflasi tahunan kuartal keempat Selandia Baru berada di bawah perkiraan bank sentralnya.

Di Asia, yen Jepang naik 0,3 persen menjadi 129,21 per dolar.

Pembuat kebijakan bank sentral Jepang (BoJ) memperdebatkan prospek inflasi pada pertemuan bulan Januari mereka, dengan beberapa peringatan bahwa upah dapat membutuhkan waktu untuk naik secara berkelanjutan, risalah pertemuan mereka menunjukkan pada Kamis.

Pada pertemuan itu, BoJ mempertahankan suku bunga ultra-rendah tidak berubah tetapi memperkuat alat kebijakan moneter untuk mencegah imbal hasil obligasi 10 tahun menembus batas baru 0,5 persen. Keputusannya menentang ekspektasi pasar tentang penyesuaian lebih lanjut terhadap kebijakan moneter.

Baca juga: Dolar melemah saat euro mendekati tertinggi 9-bulan, yen menguat

Baca juga: Kurs dolar AS jatuh, aktivitas bisnis eropa yang optimis angkat euro

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023