Jakarta (ANTARA) - Japan National Tourism Organization (JNTO) siap kembali menggelar Japan Travel Fair (JTF) setelah terhalang pandemi hampir tiga tahun terhalang akibat pandemi COVID-19 dan kali ini akan berlangsung pada 3 Februari hingga 5 Februari 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Executive Director JNTO Jakarta Tamaki Hatakenaka mengatakan, sebanyak 16 agen travel di Indonesia, lima maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia, All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific, Japan Airlines dan Phillipine Airlines serta tujuh eksibitor dari Jepang akan berpartisipasi dalam acara itu.

"Pengunjung akan mendapatkan berbagai informasi tentang beragam konten tentang Jepang termasuk harga tiket spesial yang tersedia. Mereka juga bisa berpartisipasi dalam program yang menawarkan hadiah utama tiket gratis ke Jepang," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Emirates kembali umumkan standar keselamatan terdepan

Pengunjung nantinya dapat menemukan berbagai informasi wisata Jepang dari masing-masing eksibitor termasuk visa di booth Japan Visa Aplication Center (JVAC) untuk membantu memberikan informasi mengenai visa ke Jepang.

"Kami sudah mengkoordinasikan pembuatan visa kepada perusahaan ketiga, sudah dimudahkan juga untuk pembuatan visa jadi mungkin selama ini masih bingung, prosedurnya apa, sehingga nanti penjelasan mudah bagi masyarakat yang akan pergi ke Jepang," tutur Tamaki Hatakenaka.

Dalam kesempatan itu, Vice President PT Bank Mandiri Noorman Andrianto mengatakan, pameran pariwisata seperti ini menjadi suatu hal yang dinantikan masyarakat, terlebih kondisi mulai membaik dan PPKM telah dicabut.

"Hampir selama pandemi ini jarang ada event travel fair khususnya Japan Travel Fair juga seingat saya terakhir 2019, jadi sudah cukup lama tidak ada. Kami ingin meramaikan apa yang menjadi excitement dari nasabah kami untuk mulai melakukan perjalanan liburan, ini yang kami coba fasilitasi," kata dia.

Dia menyebutkan, berbagai promo yang diberikan pada JTF 2023 antara lain cashback sampai Rp4,5 juta pada jam-jam tertentu selama acara berlangsung, flash sale bonus satu tiket ke Jepang, hingga transaksi cicilan nol persen.

Sementara itu, Chief Representative All Nippon Airways (ANA) Akira Nishigori mengungkapkan, JTF menjadi satu upaya memperkenalkan maskapai penerbangannya. Dia berharap masyarakat yang bisa ke Jepang dapat mempromosikan Jepang melalui media sosial tentang kunjungannya ke Jepang.

"Untuk promosi ANA ada, nanti bisa ditanyakan pada booth (selama event JTF 2023)," ujar dia.

Tak hanya promo, JTF 2023 juga akan diisi rangkaian acara seperti talkshow bersama selebritas dan travel blogger, sajian tarian dan kebudayaan tradisional Jepang serta penampilan musik Jepang.

Baca juga: Resorts World Cruises mulai perjalanan kembali di Hong Kong

Baca juga: Riset: Tren perjalanan spontan percepat pemulihan industri pariwisata

Baca juga: Ide jalan-jalan di lima kota Indonesia untuk isi "bucket list" 2023

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023