Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa menguat pada awal perdagangan Kamis, karena hasil kuartalan yang optimistis dari STMicroelectronics, Sabadell dan Nokia meredakan kekhawatiran atas musim laporan keuangan perusahaan di tengah tanda-tanda resesi.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,6 persen pada pukul 08.35 GMT, dengan saham teknologi dan jasa keuangan memimpin kenaikan.

Dikutip dari Reuters, STMicroelectronics melonjak 8,4 persen setelah perusahaan pembuat chip tersebut melaporkan penjualan kuartal keempat yang lebih besar dari perkiraan.

Pemberi pinjaman Spanyol Sabadell terangkat 8,8 persen menyusul komentar optimis manajemen pada pendapatan bunga bersih 2024 meskipun laba bersih kuartal keempat turun.

Nokia meningkat 5,5 persen setelah pembuat peralatan telekomunikasi Finlandia itu mengalahkan ekspektasi laba operasi triwulanan dan memperkirakan penjualan 2023 yang lebih tinggi.

Ekspektasi bahwa ekonomi zona euro akan melakukan soft landing pada tahun 2023 telah meningkat, berkat pembukaan kembali China dan kemampuan Eropa untuk tetap menyala selama musim dingin, dibantu oleh cuaca yang lebih hangat dan peningkatan kapasitas energi.

Baca juga: Saham Asia sentuh tertinggi baru 7-bulan, investor tunggu data PDB AS
Baca juga: Wall Street ditutup beragam & S&P 500 jatuh, pasar khawatir resesi
Baca juga: Saham Eropa dibuka melemah, investor pertimbangkan laporan laba emiten

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023