Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham Hong Kong ditutup naik tajam pada Kamis, menandai kenaikan pada hari pertama perdagangan di tahun kelinci, dengan saham lokal mengejar kenaikan di pasar lain karena perdagangan dilanjutkan setelah tiga hari libur Tahun Baru Imlek.

Pasar China Daratan akan dibuka kembali pada Senin (30/1/2023).

Indeks acuan Hang Seng melonjak 522,13 poin atau 2,37 persen menjadi ditutup pada 22.566,78 poin, tertinggi sejak 2 Maret 2022, sementara Indeks Hang Seng China Enterprises saham-H China terangkat 2,98 persen menjadi berakhir pada 7.706,72 poin, tertinggi sejak 5 Juli.

Melco International memimpin penurunan saham kasino Makau, jatuh sebanyak 7,1 persen menjadi 10,22 dolar Hong Kong dalam penurunan persen harian terbesar sejak 19 Desember.

Saham-saham Hong Kong dari China Tourism Group Duty Free Corp dan Prada melonjak karena optimisme konsumsi pariwisata daratan

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia tidak termasuk Jepang menguat sebesar 1,17 persen, sementara indeks Nikkei Jepang ditutup turun 0,12 persen.

Pencetak keuntungan teratas pada Indeks Hang Seng adalah Xiaomi Corp yang melonjak 12,48 persen, sedangkan pecundang terbesar adalah Orient Overseas (International) Ltd, yang merosot 2,63 persen.

Peraih keuntungan teratas di antara saham-H adalah Xiaomi Corp sedangkan persentase penurunan saham-H terbesar adalah China Feihe Ltd, yang tergelincir 1,76 persen.

Indeks Hang Seng teknologi melonjak 4,3 persen, sektor teknologi informasi meningkat 3,2 persen dan Indeks Properti Daratan Hang Seng melonjak 4,5 persen.

Baca juga: Saham Asia capai tertinggi baru 7-bulan, bursa Hong Kong dibuka lagi
Baca juga: Wall Street ditutup beragam & S&P 500 jatuh, pasar khawatir resesi
Baca juga: Rupiah ditutup menguat, pasar cermati kebijakan suku bunga The Fed

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023