Cirebon (ANTARA) - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama sejumlah mantan menteri pada kabinet Indonesia bersatu (KIB) singgah di Kota Cirebon, Jawa Barat, untuk menikmati makanan khas Kota Udang yaitu nasi jamblang.

"Kami akan bepergian menuju Pacitan Jawa Timur. Insya Allah sore ini di Semarang, kita mampir di Cirebon karena semua ingin kembali mencicipi masakan khas Cirebon khususnya nasi jamblang," kata  SBY di Cirebon, Kamis

Mantan Presiden itu menyantap masakan khas Cirebon bersama para mantan menterinya yakni mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, mantan Menko Polhukam Joko Suyanto, mantan Mendikbud M Nuh, mantan Menteri Negara, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang kini menjabat Wakil Ketua MPR RI Syariefuddin Hasan.

Tak hanya itu, terdapat pula mantan Kapolri Timur Pradopo, mantan Menpora Andi Malarangeng, mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal, dan mantan Menteri Pariwisata Jero Wacik.

Baca juga: Demokrat gelar konsolidasi partai jelang Pemilu 2024 di Pacitan

Baca juga: Sudirman Said: Pesan SBY membawa angin segar bagi demokrasi


Mereka pun langsung menyantap nasi Jamblang yang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang disajikan dalam piring yang dialasi daun jati, dan memilih beragam lauk-pauk.

SBY menyantap nasi Jamblang dengan lauk tempe, paru goreng, cumi-cumi, dan perkedel kentang. Kedatangan SBY disambut para simpatisan di Kota Cirebon, dan puluhan warga.

SBY mengatakan seluruh rombongannya pun bahagia dapat menikmati nasi jamblang yang terkenal akan kelezatannya sebagai salah satu kuliner khas Cirebon.

Bahkan, seluruh mantan menteri beserta istrinya yang turut serta dalam rombongan itu sangat menikmati nasi Jamblang yang menyediakan berbagai pilihan lauk-pauk.

"Alhamdulillah, mereka semua happy dan enjoy untuk kembali datang dan makan masakan Cirebon, khususnya nasi Jamblang ini," tuturnya.

Usai menikmati nasi Jamblang, SBY dan rombongan kembali melanjutkan perjalanan menggunakan dua bus dan beberapa mobil minibus.*

Baca juga: SBY melukis pemandangan Gunung Ciremai saat di Cirebon

Baca juga: SBY bertemu eks Sekjen PBB Ban Ki-moon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023