Jakarta (ANTARA) - Jonatan Christie sukses membuat Shesar Hiren Rhustavito tak berkutik dalam pertandingan babak 16 besar Indonesia Masters 2023, yang berakhir dengan kemenangan dua gim langsung, Kamis.

Perseteruan rekan senegara tersebut berakhir manis bagi Jonatan yang unggul 21-16, 21-15 setelah bersaing selama 39 menit atas pebulu tangkis peringkat ke-26 itu.

Jonatan menunjukkan teknik dan pola permainan yang konsisten sejak awal pertandingan. Beruntung strategi yang ia mainkan langsung in dan membuat Vito kewalahan.

Poin mereka sempat berkejaran pada awal gim, namun Jonatan menunjukkan dominasinya setelah unggul 8-5. Pertandingan yang baru berjalan sekitar 10 menit membuat Vito masih bersemangat untuk mengejar ketertinggalan.

Baca juga: Jonatan banyak lakukan kesalahan hingga gagal ke final India Open 2023

Vito sempat mencuri keunggulan lewat skor 8-11 yang didapatkan setelah membalas perebutan tiga poin berturut-turut atas Jonatan.

Namun Jonatan kembali membalas dengan mendulang empat poin beruntun dan kembali memimpin lewat skor 14-11. Keunggulan itu terus ia pertahankan hingga gim pembuka usai dengan skor 21-16.

Gim kedua bukan menjadi waktu yang baik bagi Vito yang sudah kehilangan soliditas permainan. Ia menjadi bulan-bulanan rekan sepelatnasnya dan tak mampu memberi perlawanan yang sepadan.

Satu-satunya keunggulan yang dipegang Vito ialah skor 0-1 yang didapat lewat smes menyilang kepada Jonatan. Namun setelahnya, Jonatan membalas secara keji dengan memetik tujuh poin beruntun untuk mengubah kedudukan menjadi 7-1.

Baca juga: Impian Ginting juarai Indonesia Masters 2023 pupus di babak kedua

Jonatan terlihat tak ragu-ragu memberi tekanan yang menyulitkan kepada rekannya di Pelatnas Cipayung itu. Meski telah mengunci dominasi, namun Jonatan tetap memilih bermain dengan sabar dan tak terburu-buru mengeksekusi permainan lawan.

Secara cepat Jonatan mampu mengunci kemenangan gim kedua dan mengamankan tiket babak delapan besar dari turnamen berkategori BWF Super 500 itu.

Pada babak selanjutnya, Jonatan sudah dinanti oleh pebulu tangkis asal India Lakshya Sen yang membawa titel unggulan ketujuh. Selain Jonatan, tunggal putra Indonesia juga turut diwakili Chico Aura Dwi Wardoyo pada babak perempat final.

Chico yang terlebih dulu mengalahkan juara dunia 2021 Loh Kean Yew hari ini, akan bertemu pebulu tangkis asal Kanada Brian Yang.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023