Kita perlu mendorong agar ada lebih banyak diskusi untuk memajukan usaha dan dagang, serta mengembangkan bisnis. Selain itu, perlu ada diskusi agar ekonomi umat semakin berkembang, pendidikan semakin baik, dan pengetahuan lebih luas.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak perempuan Muslimah pengusaha untuk memperkuat sektor bisnis dan mengembangkan diskusi dalam setiap kesempatan untuk memajukan usaha perdagangan.

Ajakan ini disampaikan Zulkifli dalam pidato kunci pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) VI Tahun 2023 Asosiasi Muslimah Pengusaha se-Indonesia (Alisa) "Khadijah" Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Tahun 2023 di Jakarta, Kamis.

"Kita perlu mendorong agar ada lebih banyak diskusi untuk memajukan usaha dan dagang, serta mengembangkan bisnis. Selain itu, perlu ada diskusi agar ekonomi umat semakin berkembang, pendidikan semakin baik, dan pengetahuan lebih luas," ujar Zulkifli dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Mendag juga berharap ICMI sebagai ikatan cendekia dan Alisa Khadijah bisa menjadi contoh dan pelopor, serta menjadi inspirasi bagi yang lain.

Baca juga: Mendag komitmen kembangkan ekonomi umat dan UMKM

Zulkifli menyampaikan misi dagang ke Arab Saudi pada 21-23 Januari 2023 lalu berjalan sukses. Nilai perdagangan Indonesia dengan Timur Tengah, khususnya Arab Saudi, masih bisa terus ditingkatkan. Untuk itu, Zulkifli menyerukan agar pelaku bisnis mulai dari skala besar sampai UMKM, terus mencari peluang di pasar Arab Saudi.

Dalam mewujudkan upaya tersebut, Zulkifli ingin memberdayakan pelaku usaha, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam sebuah ekosistem empat pilar peningkatan daya saing. Keempat pilar tersebut terdiri atas UMKM, ritel modern, lokapasar, dan pembiayaan.

Melalui ekosistem tersebut, UMKM dapat didorong untuk menyuplai ritel-ritel modern. Kemudian, penyedia layanan lokapasar dapat dimanfaatkan UMKM untuk menjual produk-produknya.

Baca juga: Mendag: Indonesia-Arab Saudi berpeluang besar tingkatkan perdagangan

Selain itu, penyedia lokapasar juga dapat memfasilitasi peningkatan kapasitas UMKM melalui sejumlah pelatihan seperti pengemasan dan foto produk. Kemudian melalui pembiayaan dari perbankan dalam bentuk kredit usaha rakyat (KUR), UMKM dapat memperoleh modal untuk peningkatan kapasitas.

"Ekosistem itu penting. Kita bangun terus-menerus agar UMKM bisa berkembang dan perbankan turut peduli. Sebagai contoh, kita bersama-sama ajak pelaku usaha ritel modern untuk buka di Mekkah, Madinah, dan Jeddah. Dengan demikian, produk UMKM bisa masuk ke Arab Saudi. Jadi win-win solution antara pelaku usaha besar dan pelaku UMKM," kata Zulkifli.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023