Jakarta (ANTARA) - Pebasket NBA dari tim Los Angeles Lakers LeBron James tinggal mencetak 158 poin lagi dalam kariernya untuk bisa memecahkan rekor dunia sebagai pemain yang mengumpulkan poin paling banyak sepanjang masa.

Mengutip laman resmi NBA, Kamis, LeBron James telah mengemas 38.230 poin sepanjang karier profesionalnya sebagai pemain basket yang berkompetisi di NBA.

James menempati peringkat kedua, di bawah Kareem Abdul Jabbar yang mengumpulkan 38.387 poin sejak musim terakhirnya bersama LA Lakers pada tahun 1989. Rekor dunia itu diciptakan Abdul Jabbar selama 20 tahun karier profesionalnya.

James telah melampaui capaian Karl Malone yang berada di peringkat tiga dengan 36.928 poin, legenda Lakers lainnya Kobe Bryant dengan 33.643 poin, dan Michael Jordan dengan 32.292 poin.

Berdasarkan statistik James yang mencetak 27,2 poin pada setiap pertandingan, diperkirakan butuh enam pertandingan lagi agar dia bisa memecahkan rekor dunia. Rekor itu mungkin bisa dipecahkan oleh James saat Lakers berhadapan dengan Oklahoma City Thunder pada 7 Februari mendatang.

"Saya tidak pernah memikirkan itu (memecahkan rekor), saya hanya memainkan permainan dan mencoba untuk menang," kata James saat dirinya mencetak 46 poin dalam satu pertandingan ketika Lakers berhadapan dengan LA Clippers.

Terbaru, James mencatat 20 poin saat Lakers berhadapan dengan Spurs, 46 poin saat melawan Clippers, 37 poin melawan Trail Blazers, 23 poin melawan Grizzlies, dan 32 poin kontra Kings.

Sementara lima pertandingan selanjutnya yang akan dimainkan oleh James adalah melawan Boston Celtics (28/1), Brooklyn Nets (30/1), New York Knicks (31/1), Indiana Pacers (2/2), dan New Orleans Pelicans (4/2).

Baca juga: Lakers kalah dari Clippers meski LeBron James cetak 46 poin

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023