Kegiatan Gerakan Peduli Sampah Labuan Bajo ini adalah upaya kita bersama untuk memberikan dampak positif jangka panjang dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan
Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN Pariwisata dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bersama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) menggelar gerakan peduli sampah di destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Labuan Bajo dalam mewujudkan “World Class Tourism Destination”.
 
"Sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas, Labuan Bajo memiliki daya tarik luar biasa yang berpotensi menjadi magnet bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk itu melalui kegiatan ini kita juga ingin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk terus menjaga kelestarian dan keindahan alam Labuan Bajo," ujar Direktur SDM & Digital InJourney Herdy Harman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Adapun kegiatan ini akan dilanjutkan untuk DPSP lainnya, agar pertumbuhan pariwisata Indonesia mampu bersaing di kancah internasional, serta sebagai bentuk dukungan kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan KTT ASEAN yang akan dihelat pada Mei 2023 mendatang.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT HIN Christine Hutabarat menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk semangat kolaborasi untuk pengembangan destinasi pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan.
 
"Kegiatan Gerakan Peduli Sampah Labuan Bajo ini adalah upaya kita bersama untuk memberikan dampak positif jangka panjang dan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan," ujarnya.
 
Kegiatan ini tidak hanya melakukan pembersihan sampah di kawasan pesisir pantai, namun juga pengangkatan kapal karam, hingga program pemberian mesin kapal kepada nelayan masyarakat sekitar.
 
Dalam aktivitas yang mengedepankan pengelolaan dan pengembangan ini, diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap kelestarian lingkungan, sosial, budaya, keseimbangan ekosistem, dan manfaat ekonomi.

Baca juga: InJourney: Wisatawan nusantara berperan sebagai pemerataan ekonomi
Baca juga: Menteri BUMN: Qatar siap investasi 80 juta dolar AS di Labuan Bajo
Baca juga: InJourney gandeng Bobobox akselerasi promosi wisata Indonesia
Baca juga: Inna Parapat di tepi Danau Toba bersiap jadi hotel bintang 4

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023