Jakarta (ANTARA) - Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital kembali menghadirkan NextDev Academy di 2023 dengan tujuan menyiapkan talenta terbaik dan menguatkan fondasi startup di Tanah Air sehingga memiliki bisnis dan dampak berkelanjutan.

NextDev Academy 2023 berlangsung selama tiga bulan ke depan dan diikuti oleh 12 startup dari empat kategori yakni tourism and creativity economy, green and clean tech, games and gaming platform, serta health education.

"Kami menghadirkan NextDev sebagai program tanggung jawab sosial. Kami ingin membangun dan tetap optimis di situasi yang masih belum baik. Meski winter is coming tapi kita (pelaku industri teknologi dan digital) tidak boleh frozen," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono di Jakarta, Kamis malam.

Baca juga: Telkomsel luncurkan program jejak karbon

Adapun 12 startup yang terpilih ialah Teman Pasar, Campsite, Shieldtag, NUXCLE, Databiota, MyECO, Nightspade, Redamantine Studios, Hisa Games, Female in Action, Fisiohome, sampai dengan Lingo Talk.

NextDev Academy 2023 sengaja membawa isu utama terkait keberlanjutan usaha sebagai langkah menanggapi banyaknya perusahaan-perusahaan digital dan teknologi yang pada akhir 2022 mengalami kejatuhan atau bahkan gulung tikar.

Dalam NextDev Academy 2023 para peserta diajak melakukan kegiatan digital startup diagnostic, orientation, webinar, dan pembinaan.

Edukasi yang diberikan agar dapat menciptakan bisnis berkelanjutan disampaikan lewat materi seperti business modelling untuk mengembangkan business plan, marketing untuk merancang strategi memenuhi kebutuhan pasar, pengembangan produk, serta menyiapkan komposisi SDM yang tepat dalam struktur organisasi.

Ada juga materi mengenai "Investment Pitch" untuk bersiap meraih investor baru, serta materi khusus bernama "founder series" untuk menjaga fokus pada keberlanjutan dampak bagi masyarakat.

NextDev Academy 2023 sebagai bagian dari NextDev sudah menjadi program rutin yang dilangsungkan oleh Telkomsel dan kini menginjak musim kedelapan.

Selama penyelenggaraannya, Telkomsel mencatat lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan Program NextDev.

Program itu telah konsisten dilakukan dengan menggaet para early stage startup atau perusahaan rintisan pemula dengan harapan dapat menciptakan ekosistem digital Tanah Air semakin kuat serta menjadi langkah memenuhi target transformasi digital Indonesia.

"Telkomsel berharap NextDev dapat terus mencetak startup digital unggulan, memperkuat ekosistem pemberdayaan startup yang inklusif, dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan," tutup Saki.

Baca juga: Trafik internet Telkomsel naik saat libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Tower Telkomsel di pedalaman Lembata ambruk akibat angin kencang

Baca juga: Meriahkan Natal-Tahun Baru, Telkomsel jamin kemudahan akses komunikasi pelanggan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023