Ini adalah saat-saat yang telah saya perjuangkan dengan keras
Jakarta (ANTARA) - Stefanos Tsitsipas akan bermain untuk gelar Grand Slam perdananya sekaligus menghuni peringkat pertama ATP setelah memastikan tiket final Australian Open seusai menang atas Karen Khachanov.

Dalam kemenangan semifinal 7-6(2), 6-4, 6-7(6), 6-3, Jumat, petenis Yunani itu mendominasi dengan permainan penuh aksi, membuat lawannya terus berada di bawah tekanan sepanjang tiga jam 21 menit pertandingan.

Khachanov menggagalkan upaya Tsitsipas dalam servisnya pada kedudukan 5-4 set ketiga, dan dia kemudian menyelamatkan dua match point dengan pukulan forehand winner sebelum membawa pertandingan ke set keempat. Namun, setelah unggul 3-0, Tsitsipas melihat garis finis untuk menyelesaikan pertandingan.

Baca juga: Tsitsipas atur pertemuan dengan Khachanov di semifinal Australian Open

Unggulan ketiga itu kini menunggu juara sembilan kali Australian Open, Novak Djokovic, atau petenis non-unggulan asal Amerika Tommy Paul dalam pertandingan perebutan gelar yang akan berlangsung pada Minggu.

Jika yang menjadi lawan Tsitsipas adalah sang bintang Serbia tersebut, keduanya akan bertarung untuk memperebutkan peringkat 1 dunia dalam pertandingan ulang final Roland Garros 2021, yang dimenangi Djokovic dalam lima set.

Baca juga: Djokovic hancurkan Rublev untuk ke semifinal Australian Open

"Ini adalah saat-saat yang telah saya perjuangkan dengan keras. Untuk bisa bermain di final seperti ini, tapi final yang memiliki arti lebih besar dari sekadar final," kata Tsitsipas, seperti disiarkan laman resmi ATP.

"Ini adalah final Grand Slam, saya berjuang untuk posisi No. 1. Merupakan impian masa kecil untuk merebut posisi No. 1 suatu hari nanti."

"Saya sudah dekat. Saya senang kesempatan ini datang di sini di Australia dan bukan di tempat lain, karena ini adalah tempat yang penting."

Baca juga: Ayah Djokovic tidak akan hadiri semifinal Australian Open

"Ayo kita lakukan!" lanjutnya, berbicara kepada penonton Rod Laver Arena yang telah memberikan dukungan kepada.

Petenis Yunani itu lolos ke final Grand Slam keduanya dan yang pertama di Melbourne setelah tiga kekalahan semifinal sebelumnya.

Khachanov berusaha untuk mencapai final Grand Slam pertamanya dalam penampilan Grand Slam ke-24. Petenis berusia 26 tahun itu mencapai semifinal di turnamen besar berturut-turut setelah melaju ke babak Slam untuk pertama kalinya di US Open 2022.
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023