Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa datar pada awal perdagangan Jumat, karena investor menahan diri dari menempatkan taruhan agresif menjelang serangkaian pertemuan bank-bank sentral utama minggu depan, sementara pembuat barang-barang fesyen mewah meluncur setelah laba yang lemah dari pemimpin sektor LVMH.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa diperdagangkan relatif stabil pada pukul 08.15 GMT, karena penurunan saham ritel dan perawatan kesehatan mengimbangi kenaikan di sektor energi.

Saham LVMH tergelincir 1,1 persen setelah beberapa analis mengungkapkan elemen kekecewaan atas margin perusahaan, yang mengambil sebagian dari angka kuartal keempat.

H&M anjlok 6,6 persen setelah peritel fesyen terbesar kedua di dunia itu melaporkan penurunan yang jauh lebih besar dari perkiraan pada laba operasi September-November, terpukul oleh melonjaknya biaya dan melemahnya kepercayaan konsumen.

SSAB melonjak 6,9 persen, karena perusahaan industri pembuat baja Swedia itu berharap untuk meningkatkan pengiriman di pasar yang lebih stabil pada kuartal pertama, sambil melaporkan laba yang sejalan dengan ekspektasi.

Minggu mendatang ditandai dengan pertemuan bank-bank sentral terkemuka seperti Federal Reserve, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris.

Baca juga: Wall St ditutup di zona hijau, data PDB redakan kekhawatiran resesi
Baca juga: Yen menguat didorong spekulasi perubahan arah kebijakan BoJ
Baca juga: Minyak naik didorong pertumbuhan ekonomi AS, harapan pemulihan China

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023