Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham Hong Kong berakhir lebih tinggi pada perdagangan Jumat, dengan posisi investor didukung harapan pembukaan yang kuat untuk pasar China daratan setelah liburan Tahun Baru Imlek, ketika pasar China Daratan akan melanjutkan perdagangan pada Senin (30/1/2023).

"Optimisme pemulihan di daratan dan pasar sedikit banyak mengurangi dampak dari potensi kenaikan suku bunga AS, mendorong investor untuk memposisikan diri untuk awal yang kuat menuju pembukaan kembali pasar China," kata Steven Leung, direktur penjualan di UOB Kay Hian di Hong Kong.

Pada penutupan perdagangan, indeks Hang Seng terangkat 122,12 poin atau 0,54 persen ke level 22.688,90 poin. Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 0,87 persen menjadi 7.773,61 poin.

Sub-indeks Hang Seng yang melacak saham energi terdongkrak 1,1 persen, sementara sektor teknologi informasi (TI) naik 1,36 persen, sektor keuangan berakhir 0,1 persen lebih rendah dan sektor properti naik 0,79 persen.

Peraih keuntungan teratas pada Indeks Hang Seng adalah Country Garden Holdings Co Ltd, yang melonjak 6,23 persen, sementara yang menderita kerugian terbesar adalah Xinyi Solar Holdings Ltd yang tergelincir 2,97 persen.

Di seluruh kawasan, indeks saham Asia MSCI di luar Jepang menguat sebesar 0,09 persen, sedangkan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 0,07 persen.

Pengembang properti, termasuk Henderson Land dan CK Asset, tergelincir karena harga rumah di Hong Kong anjlok 15,6 persen pada tahun 2022, menghentikan kenaikan selama 13 tahun.

Peraih untung teratas di antara saham-H adalah SenseTime Group Inc yang melambung 19,91 persen, diikuti oleh Country Garden dan Longfor Group Holdings Ltd yang masing-masing terdongkrak 4,25 persen.

Tiga penurunan persentase saham-H terbesar adalah Xinyi Solar dan Zhongsheng Group Holdings Ltd yang masing-masing turun 2,23%, sementara Lenovo Group Ltd jatuh 2,02 persen.

Baca juga: Saham Asia capai tertinggi baru 7-bulan, bursa Hong Kong dibuka lagi

Baca juga: Perusahaan China yang tercatat di AS batalkan rencana "listing" di HK

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023